• Saya mau tanya, seingat saya terakhir saya haid normal bulan january tgl 28 lalu bukan febuary saya gak haid sampai bulan sekarang ‘ saya coba pakai tespack hasilnya positif.

    saya kurang tau sudah masuk berapa minggu kehamilan saya karna saya kurang tau lalu saya menggugurkanya dengan obat2tan ‘ dan setelah pakai obat2tan itu saya mengalami kram nyeri di bagian perut saya lalu saya ke toilet dan saya lihat keluar darah dari vagina saya

    gumpalan darah yg hancur kecil kecil

    berlangsung selama 2 hari setelah pemakaian obat2an itu.

     

    saya mau tanya dok apa itu sudah tanda tanda kegugguran  ?  Kalau memang itu tanda tanda kegugguran

    kenapa payudarah saya masih terasa nyeri dan masih suka mual walaupum tidak sering

     

    Makasih dok ‘ tolong responya atas pertanyaa  saya

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kehamilan menjadi rejeki luar biasa yang dikirimkan Tuhan kepada umatnya. Tidak semua wanita bisa mengalami kehamilan, beberapa ada yang perlu berjuang keras untuk mendapatkannya. Sayang sekali jika anda melakukan tindakan untuk menggugurkannya. Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan. Keguguran sendiri terdiri dari beberapa tahapan yaitu:

    1. Abortus iminens atau abortus yang mengancam. Pada tahap ini keguguran belum terjadi namun sudah sangat beresiko sehingga jika kandungan tidak dijaga dengan bed rest maupun dengan obat penguat kandungan maka proses keguguran bisa terjadi.
    2. Abortus insipiens atau abortus yang baru berlangsung. Gejala berupa keluar darah dari vagina namun jaringan hasil konsepsi belum keluar. Rasa nyeri bertambah namun belum terlalu kuat.
    3. Abortus inkomplit dimana keluar darah disertai sebagian hasil konsepsi. Ditandai dengan terbukanya mulut rahim, dan nyeri perut yang luar biasa hebat.
    4. Abortus komplit dimana jaringan konsepsi telah keluar seluruhnya. Nyeri perut mulai berkurang, mulut rahim juga mulai menutup.

    Berdasarkan informasi yang anda sampaikan kemungkinan besar telah terjadi abortus namun harus dipastikan pada tahap abortus itu berlangsung dengan pemeriksaan fisik dan penunjang seperti USG. Karena Jika belum bersih seutuhnya maka bisa menyebabkan infeksi yang sangat hebat dan membahayakan bagi ibu. Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan diri secara langsung ke dokter.

    Abortus Imminens : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tidak Ingat HPHT, Harus Bagaimana?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.