• Imam cs

    Selamat malam dok… kenapa hidung saya kok selalu mengeluarkan ingus terus menerus terutama paling banyak bila habis makan…

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan sering keluar ingus. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan keluar ingus dari hidung bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari hal normal atau karena gangguan kesehatan tertentu. Keluar ingus karena hal normal bisa terjadi saat seseorang menangis hingga sehabis makan makanan yang pedas yang merangsang keluarnya sekret/ ingus dari hidung. Keluar ingus karena gangguan kesehatan penyebabnya rata – rata karena infeksi saluran napas akut (ISPA). Penyebab infeksi kebanyakan karena virus meskipun bisa terjadi karena mikroorganisme lainnya seperti bakteri. Keluhan ini sering berulang jika daya tahan tubuh pasien yang kurang baik. Selain itu pada pasien dengan daya tahan tubuh yang rendah, penyakit ini lebih lama hilangnya.

    Selain karena infeksi, penyebab keluarnya ingus bisa juga karena alergi. Oleh karena itu pada pasien dengan riwayat alergi maka sebaiknya mencari  bahan yang menyebabkan alergi, misalnya bulu binatang, debu dan lain sebagainya untuk menurunkan risiko terjadinya keluhan pilek.

    Polip di hidung juga bisa menjadi salah satu penyebab keluhan keluar ingus dari hidung. Polip hidung merupakan massa bertangkai yang tumbuh pada rongga hidung. Selain oleh karena hal – hal yang sudah dijelaskan ini, sebenarnya masih banyak lagi kemungkinan penyebab keluar ingus lainnya.  Silakan anda periksakan ke dokter secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan yang anda alami.

    Tips Agar Flu Pilek Cepat Sembuh

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Hidung Selalu Keluar Ingus Terutama Setelah Makan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.