• Asslmualaikum dok, jadi gini, sy merasakan sakit di ulu hati, trus sering sendawa. Setelah diingat pagi sebelumnya saya minum vitamin tapi air putihnya ga nyampe segelas. Jadi yang saya rasakan itu seperti ada yang ngganjal di dada. Nah itu gimana dok? Makasih

    Wassalmualaikum

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan nyeri di ulu hati disertai sendawa biasanya disebabkan karena peningkatan asam lambung atau biasa disebut dengan dispepsia. Selain nyeri ulu hati dan sendawa, kadang pasien juga mengeluh mual bahkan hingga muntah. Pencetus keluhan ini ada banyak hal antara lain karena stress, telat makan, makan makanan yang terlalu pedas, kebiasaan konsumsi obat penghilang nyeri dan lain sebagainya.

    Untuk mengatasi keluhan dispepsia ada beberapa hal yang bisa dilakukan yaitu antara lain dengan mengkonsumsi obat – obatan untuk meredakan asam lambung dan melindungi mukosa lambung misalnya dengan golongan antasida, golongan proton pump inhibitor (misalnya lansoprazol), atau juga dengan golongan anti histamin II seperti ranitidin. Namun sebaiknya anda memeriksakan terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan anda sehingga dapat diberikan terapi terbaik.

    Selain dengan obat – obatan, pasien dengan dispepsia juga harus memperbaiki pola hidupnya misalnya dengan:

    • Makan secara teratur, lebih disarankan untuk makan sedikit – sedikit namun sering dibandingkan makan sekaligus banyak dalam satu waktu.
    • Menghindari makan makanan terlalu asam dan pedas.
    • Menghindari konsumsi kafein dan juga alkohol
    • Menghindari kebiasaan merokok
    • Sebaiknya tidur dengan meninggikan posisi kepala (dengan 2 bantal) dengan tujuan mencegah asam lambung refluks (naik ke kerongkongan)
    • Hindari stress berlebihan

    Silakan anda baca artikel berikut ini:

    30 Penyebab Sering Bersendawa dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seperti Ada yg Mengganjal di Dada,sering Sendawa

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.