• Dok, saya remaja berusia 16 tahun. Saat ini saya sedang menjalankan puasa Ramadhan. Saya mau bertanya mengapa akhir-akhir ini setiap saya BAB kotoran saya kental seperti bubur dan bewarna kuning dok. Namun frekuensi BAB saya tetap 1 hari sekali. Kenapa ya dok? Saya cek ke dokter katanya tidak apa-apa.

    Selamat siang.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sebenarnya tak ada yang salah dengan konsistensi dan warna feses anda. Feses normal biasanya memiliki konsistensi lunak dan berwarna kuning hingga kuning kecoklatan. Perubahan warna dan konsistensi feses juga tidak selalu karena gangguan atau masalah kesehatan tertentu. Perubahan pola makan, hingga makanan dan minuman yang dikonsumsi juga bisa menyebabkan perubahan konsistensi dan warna feses. Jika kita makan serat dan banyak mengkonsumsi cairan maka feses akan memiliki konsistensi lunak dan berwarna kekuningan.

    Meskipun feses memiliki konsistensi seperti bubur namun jika frekuensi BAB hanya 3 kali dalam sehari atau kurang dari itu maka tidak bisa disebut diare. Diare atau buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari dengan konsistensi tinja berubah menjadi lebih cair merupakan salah satu keluhan yang sering muncul dan dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam kebanyakan terjadi karena infeksi baik karena virus, bakteri atau sebab lainnya.

    Oleh karena itu jika tidak ada keluhan lain yang anda rasakan seperti nyeri perut, frekuensi BAB lebih dari 3 kali dalam sehari dan lain sebagainya maka anda tak perlu terlalu khawatir karena hal itu merupakan keadaan normal tubuh. Namun jika anda masih khawatir silakan periksakan langsung ke dokter. Karena dalam forum ini kami tidak dapat memastikan penyebab pasti keluhan anda.

    9 Penyebab Mencret Diare dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Kotoran BAB Kental dan Berwarna Kuning?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.