• Danu

    Dokter saya ingin bertanya tentang penyakit yang diderita ayah saya, kelopak mata kanan ayah saya turun, awalnya dia mengalami deman dan kepalanya pusing/migren, dan penglihatan dia ganda matanya pun sedikit bengkak dan saya bawa dia ke dokter umum setelah berobat ke dokter umum mata ayah saya tidak bengkak lagi tetapi matanya turun dan migren. Saya sercing di google sepertinya ayah saya terkena penyakit ptosis, apa bener dok tolong beri solusinya dok.

    Dan saya bingung saya harus bawa ayah saya berobat di spesialis mata atau spesialis saraf atau saya bawak ke rumah sakit umum aja dok?

    Terima kasih dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang ptosis. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Ptosis adalah istilah medis untuk menunjukkan keadaan turunnya kelopak mata bagian atas. Kondisi ini bisa terjadi pada satu atau kedua mata. Ketika ujung kelopak mata atas turun, bagian atas area penglihatan anda mungkin menjadi terhalang. Ptosis bisa menyebabkan keluhan mata terasa kering dan berair, hingga sakit kepala.

    Ptosis bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari kelainan bawaan hingga sebab lain seperti faktor usia lanjut yang menyebabkan kelemahan otot levator yang berperan mengangkat kelopak mata, gangguan medis lainnya seperti adanya tumor, diabetes, stroke, maupun akibat pembengkakan pada kelopak mata.

    Ada baiknya pasien memeriksakan diri secara langsung ke dokter untuk memastikan penyebab keluhan jika keluhan dirasa sangat mengganggu. Dokter spesialis mata bisa menjadi rujukan pertama pasien guna memastikan penyebab keluhan ptosis yang dialami. Jika memang sumber utama bukanlah dari mata namun karena ada penyakit penyerta lainnya maka dokter mata dapat merujuk kembali ke dokter lain sesuai dengan penyebab yang mendasarinya.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seputar Mata Turun dan Penglihatan Ganda

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.