• Selamat malam dokter,

    Sebelum nya Terimakasih Sudah Membaca dan saya sungguh amat berterima kasih bila dokter berkenan menjawab…

    Anak saya berumur 4thn 4bln, pada jam 11:30 anak saya terkena tusukan paku dibagian telapak tangan sebelah kiri, dan saya segera membawa ke tempat kesehatan terdekat akan tetapi susah buat mendapatkan suntik TT, dan pada akhir nya saya bawa anak saya ke rumah sakit besar dan akhirnya mendapatkannya pada pukul 4:15±.

    Pada saat itu anak saya disuntik dengan vaksin TT(tetanus Toxitc) tapi setelah saya baca beberapa artikel diweb ada 2 vaksin yaitu ATS dan TT, tetapi saya sudah melakukan suntik TT, dan apakah saya masih memerlukan suntik ATS?

    Dan Anak saya mengeluh seperti ditusuk/terasa geli dibagian telapak kaki, dan juga sekarang pada pkl 00:55 bengkak di tangan anak saya tidak kunjung mengecil, apakah itu gejala tetanus?

    Dan apa kah kalau sudah melakukan suntik TT setelah luka cukup sekali/2/3x dan jarak waktu berkisar berapa hari?

    Sekian pertanyaan saya dan bila dokter berkenan dan mau menjawab saya ucapkan terimakasih banyak.

    Salam hormat saya untuk dokter.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pemberian vaksin tetanus diindikasikan setelah pasien mengalami luka misalnya karena digigit binatang atau karena tertusuk benda tajam. Imunisasi tetanus terdiri dari imunisasi aktif berupa pemberian vaksin tetanus toksoid (TT) dan imunisasi pasif yaitu pemberian anti tetanus serum (ATS). Pemberian vaksin TT diberikan dengan dosis 0,5 cc secara intramuskular sebanyak 1 x tiap bulannya selama 3 bulan berturut – turut. Setelah itu perlu juga diberikan booster (suntikan keempat) setelah 10 tahun pasca suntikan ketiga imunisasi dasar dan booster selanjutnya tiap 10 tahun setelah pemberian booster di atas (suntikan keempat). Pemberian vaksin TT sebaiknya diberikan segera setelah terjadi luka.

    Pemberian ATS sebagai imunisasi pasif tergantung dari sifat luka, kondisi penderita, dan status imunisasi dari si pasien itu sendiri. Jika anak anda mengalami luka kotor (luka dengan mikroorganisme di dalamnya) dengan kedalaman berapa pun maka ATS diindikasikan untuk diberikan.

    Bengkak pada tangan anak anda menunjukkan adanya proses inflamasi (peradangan) pada luka dan bukan menunjukkan tetanus. Gejala tetanus berupa kekakuan otot misalnya berupa trismus (rahang mengatup rapat), spasme otot (otot tegang dan keras) hingga pasien tampak terlihat kejang.
    Untuk memastikan kondisi anak anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    Penyakit Tetanus – Penyebab, Gejala, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Perlukah Suntik TT dan ATS Setelah Tertusuk Paku?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.