• Nurul khotimah

    Dok saya 2 bulan setelah melahirkan KB suntik yang 3 bulan, beberapa hari kemudian saya melakukan hubungan dan 3 minggu kemudian saya had selama kurang lebih 3 bulan setelah itu saya berhenti KB dan bulan berikutnya saya belum dapat haid,

    Selama lepas KB berhubungan’a di keluarin diluar, apa kemungkinan saya bisa hamil. saya takut soalnya anak saya baru 7 bulan. Tolong dijawab dok terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telat mens. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Sebenarnya keluhan mengenai terlambat haid sudah sangat banyak dibahas dalam forum diskusi ini. Penyebabnya beraneka ragam. Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain:

    1. Stress bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.
    2. Kelelahan fisik juga bisa menjadi salah satu penyebab.
    3. Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb.
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens
    5. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    6. Kehamilan
    7. KB hormonal terutama KB suntik 3 bulan. Pada beberapa wanita pengguna KB suntik 1 bulan juga bisa mengalami keluhan yang sama.
    8. Awal menopause juga menyebabkan keluhan telat mens
    9. Dan lain sebagainya

    Pada kasus anda kemungkinan untuk hamil tetap ada meskipun berhubungan dikeluarkan di luar karena tidak ada yang bisa memastikan bahwa tidak ada sperma yang masuk.

    Namun kemungkinan itu sangat kecil. Perlu diingat efek samping KB 3 bulan adalah telat mens meskipun KB telah dihentikan.

    Perlu waktu beberapa bulan untuk memulihkan kondisi hormonal anda seperti semula karena biasanya masih terdapat obat KB yang masih tersisa dalam tubuh.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Seputar Tentang Pelepasan Kb

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.