• Assalamualaikum, selamat pagi dok.

    Saya arif, umur 21 tahun. Saya ingin bertanya perihal intensitas buang air kecil yang disertai rasa pegal/linu. Saya pikir kejadian ini karena saya pernah menahan buang air kecil. Sampai akhirnya saya merasa pegal pada kemaluan saya seperti kram dan tidak keluar air kencing. Tetapi pada akhirnya keluar juga meskipun sakit. Jadi, bagaimana solusi untuk mengatasi hal tersebut ya dok?

    Terima kasih atas jawabannya dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari karena respon normal tubuh atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    • Konsumsi air dalam jumlah banyak sekaligus. Jika kita banyak minum tentu saja akan menyebabkan sering kencing dan ini merupakan respon normal.
    • Saat suhu udara dingin, misal saat malam hari, hujan, AC, dsb.
    • Infeksi saluran kemih. Penyakit ini bisa menyebabkan keluhan sering kencing, rasa tidak puas sehabis kencing atau anyang – anyangan, nyeri supra pubik (perut bagian bawah), demam, dan lain sebagainya.
    • Penyakit ini bisa terjadi kebiasaan menahan buang air kecil, kebersihan organ intim yang kurang terjaga, dan lain sebagainya.
    • Batu saluran kemih juga bisa menyebabkan rasa tak lampias sehabis berkemih, nyeri perut bagian bawah (suprapubik), tidak lancar saat berkemih  dan lainnya.
    • Konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman berkarbonasi, dsb.
    • Penyebab lainnya

    Pada kasus yang anda alami kemungkinan anda mengalami infeksi saluran kemih. Namun bisa juga karena hal lainnya. Oleh karena itu perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Sakit Kencing (Buang Air Kecil)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Sering Buang Air Kecil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.