• Krisnarini

    Selamat siang dokter…

    Dok, saya mau tanya.. saya wanita umur 33 tahun, sudah menikah dan mempunyai anak 1, beberapa hari ini saya mengalami anyang-anyangan (sering BAK) sudah 6 hari lamanya, tetapi saya tidak merasakan sakit, setelah hari keempat anyang-anyangan saya merasakan kram perut tp kadang hilang, dan sekarang ini saya merasakan seperti PMS dan sesekali perut bawah sebelah kiri berdenyut tetapi tidak sakit, hari terakhir saya haid tanggal 18 April 2018.. apakah saya hamil ya dok?

    Terus untuk tes kehamilan jika dilakukan malam hari apakah akan mendapatkan hasil yang akurat ya dok?

    Mohon jawabannya ya dokter.

    Terimakasih dokter

     

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan anyang – anyangan dan kram perut. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan rasa tak nyaman saat buang air kemih atau anyang – anyangan, BAK sedikit – sedikit namun sering bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Berikut akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab tersering keluhan ini yaitu antara lain:

    • Infeksi saluran kemih. Keluhan nyeri buang air kemih disertai keluhan kencing berulang  sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Keluhan yang muncul akibat infeksi saluran kemih antara lain nyeri di suprapubik( nyeri di perut bagian atas kemaluan), anyang – anyangan atau rasa tidak puas sehabis kencing, bolak balik kencing, air kemih kadang berubah warna menjadi kekeruhan atau malah berwarna merah (BAK bercampur darah), keluhan demam, dan masih banyak lagi keluhan lain yang mungkin menyertai. Perlu dilakukan pemeriksaan penunjang berupa pemeriksaan urine untuk memastikan ada tidaknya kuman dalam urine.
    • Batu saluran kemih bisa menyebabkan keluhan nyeri suprapubik disertai keluhan anyang – anyangan, nyeri saat kencing, keluhan kencing berulang dan lain sebagainya. Perlu pemeriksaan penunjang misal dengan rontgen ataupun USG untuk memastikan ada tidaknya batu saluran kemih.

    Silakan anda berkonsultasi secara langsung dengan dokter di daerah anda agar bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara langsung untuk memastikan penyebab keluhan anda. Pengobatan yang diberikan harus sesuai dengan penyebab keluhan.

    Keluhan anyang – anyangan dan kram perut bukanlah gejala khas pada kehamilan sehingga tidak bisa menentukan apakah anda hamil hanya dengan keluhan tersebut. Anda bisa memeriksakan diri dengan tes pack untuk membantu anda menentukannya. Tes pack sebaiknya dilakukan pada pagi hari karena pada waktu ini kadar hormon HCG tertinggi saat kehamilan.

    Sakit Kencing (Buang Air Kecil)

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sering Buang Air Kecil dan Perut Bagian Bawah Sering Berdenyut

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.