• Assalamualaikum….

    Dok saya ingin bertanya, diawal kehamilan saya sering keluar flek. Setelah saya melakukan pemeriksaan ke dokter kandungan dan di USG ternyata kandungan saya lemah,dan saya diberi obat penguat janin yang bagus. Tetapi begitu obatnya habis saya masih sering ngeflek di pagi hari, kadang sampai 3 hari, dan sekarang sudah seminggu saya ngeflek terus. Apakah itu bahaya dok?Dan apakah saya harus periksa kembali ke Dokter spesialis kandungan?

    Terimakasih.

    Waalaikumsalam ww wb. Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan flek yang dialami oleh wanita memang sering sekali dikeluhkan. Flek atau bercak – bercak kecoklatan bisa muncul dalam beberapa keadaan, misalnya tidak lama setelah haid selesai, saat kehamilan muda, dan lain sebagainya. Keluhan flek yang anda alami saat kehamilan muda bisa terjadi pada beberapa keadaan. Berikut adalah beberapa kemungkinan penyeba spotting atau flek yang mungkin terjadi yaitu antara lain sebagai berikut:

    1. Akibat implantasi janin dalam rahim. Namun biasanya hanya berlangsung singkat yakni dalam beberapa jam hingga 2 hari saja.
    2. Akibat penggunaan obat-obatan tertentu seperti antikoagulan,aspirin.
    3. Infeksi pada organ reproduksi, baik pada ovarium, uterus atau rahim, serviks hingga vagina
    4. Karena abortus. Abortus ada beberapa tahap. Pada tahap awal, dimana risiko terjadinya keguguran bisa terjadi bila ibu hamil tidak bedrest dan minum obat penguat kandungan maka disebut abortus iminens. Jika janin tidak bisa dipertahankan maka akan terjadi keguguran.
    5. Penyebab lainnya

    Jika sebelumnya anda sudah memeriksakan diri ke dokter dan dinyatakan kandungan anda kurang kuat dan diberi obat namun flek masih berlangsung maka sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter untuk mendapat penanganan terbaik. Obat bisa diteruskan hingga flek berhenti dan diturunkan dosisnya perlahan agar flek tidak keluar lagi. Selain itu anda harus istirahat di tempat tidur untuk menjaga kandungan anda.

    Keluar Flek Saat Hamil, Berbahayakah?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apakah Berbahaya Jika Sering Ngeflek Saat Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.