• Halo dokter..

    Sudah sekitar 1 bulan ini istri saya ada nyeri dibagian perut tepat nya di sekitaran bawah pusar dan sering mengeluarkan darah segar yang lumayan banyak dok dari dubur.

    Awalnya rasa nyeri tersebut di dapat setelah proses persalinan di tahun 2010,saat itu istri saya seperti kehabisan tenaga untuk mengejan,padahal kepala anak saya sudah hampir keluar.

    Akhirnya tertahan hampir selama 1 jam,sambil terus di induksi,,singkat cerita,setelah bayi keluar,dokter khawatir ada bagian dari ari-ari bayi yang lengket di bagian rahim,,dengan cepat tangan dokter masuk dan membersihkan sisa” kotoran dalam rahim istri saya.

    Saat dokter menarik ari-ari keluar,saat itu lah nyeri tersebut timbul dan nyeri nya masih sering terasa sampai sekarang.

    Namun baru sekitar 1 bulan ini rasa nyeri itu disertai darah segar yang mengalir lewat dubur. Terutama saat kelelahan dan habis makan makanan pedas,akhir akhir ini langsung mengeluarkan darah tanpa sadar.

    Awalnya kami kira darah yang keluar akibat ambeien yang memang diderita istri saya sejak lama,,tapi sepertinya bukan karena ambeien,karena setiap darah keluar,pasti dibarengi rasa nyeri dibagian perut yang tadi saya sebutkan.

    Kira” gejala apa ya dok yang diderita istri saya?? Mohon infonya dok

    Terimakasih banyak

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di forum konsultasi mediskus.com tentang buang air besar berdarah. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu dan penyebabnya bisa karena berbagai hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan secara detail mengenai keluhan ini baik warna darah yang keluar, dan lain sebagainya. Penyebab buang air besar (BAB) berdarah bisa karena berbagai hal berikut ini:

    • Ambeien atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai hemorrhoid menjadi penyebab tersering. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah segar dengan atau tanpa nyeri. Jika berlanjut bisa disertai keluarnya benjolan dari anus.
    • Penyebabnya juga beraneka ragam mulai dari kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi.
    • Buang air besar berdarah juga bisa disebabkan karena adanya gangguan di gaster (lambung) seperti gastritis erosif. Buang air besar disertai darah akibat luka pada lambung ini menghasilkan warna kehitaman.
    • Hal ini karena darah telah bercampur dengan asam lambung sehingga warna darah yang merah berubah menjadi hitam akibat reaksi dengan asam lambung. Keluhan lain yang menyertai berupa nyeri perut dan lain sebagainya.
    • Infeksi saluran cerna seperti disentri juga bisa menyebabkan BAB berdarah nya. Biasanya BAB berlangsung lebih dari 3 kali dalam sehari dan juga disertai keluhan lain seperti demam, nyeri perut dan lain sebagainya.
    • Penyebab lain.

    Untuk memastikan penyebab keluhan sebaiknya pasien berkonsultasi langsung dengan dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan secara lebih detail baik pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan.

    BAB Berdarah Tapi Tidak Sakit

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sering Mengeluarkan Darah pada Dubur di Sertai Nyeri Perut

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.