• Selamat malam dokter. Pada bulan Desember saya menderita sakit tulang belakang bagian bawah yang teramat sakit, sampai tidak bisa bergerak. Rasanya ngilu sekali, untuk ┬ábangun dari tidur pun rasanya sakit. Hampir tidak bisa bangun.Saat duduk rahim terasa sakit seperti ada tekanan.

    Lalu saya berobat, oleh dokternya saya di beri pain killer dan obat untuk tulang. Setelah itu secara berangsur-angsur saya bisa bergerak lagi, tapi sampai sekarang sakit pinggang dan sakit rahimnya sering datang lagi. Kadang sampai keluar flek kalau sakitnya begitu teramat terasanya. Rahim saya seperti di remas dan pinggul terasa panas dan pegal.

    Sebagai informasi tambahan umur saya 36 tahun dan saya tidak menggunakan KB apapun. Saya melahirkan normal. Mohon penjelasan dari dokter tentang gejala yang saya alami ini kenapa ya. Terima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Nyeri pada perut bawah dan sampai ke pinggang bisa disebakan karena beberapa hal, salah satunya karena penyakit peradangan pada panggul atau biasa disebut Pelvic Inflamatory Disease (PID). Peradangan bisa terjadi pada rahim (uterus), saluran telur (tuba falopi) atau juga pada ovariumnya (indung telur). Banyak gejala yang muncul akibat penyakit ini selain nyeri pada perut bawah antara lain demam, keputihan dan lain sebagainya.

    Pengobatan penyakit radang panggul ada beberapa hal antara lain dengan pemberian antibiotik untuk membunuh bakteri penyebab dan juga obat simptomatik untuk mengatasi keluhan yang muncul. Pemberian antibiotik biasanya disesuaikan dengan kondisi pasien, kuman penyebab dan beberapa pertimbangan lainnya. Antibiotik bisa diberikan sebagai obat minum ataupun obat suntik. Selama pengobatan dengan antibiotik, gejala mungkin hilang walaupun infeksi belum sembuh total sehingga ada baiknya konsumsi antibiotik harus dihabiskan sesuai petunjuk dokter. Dokter pada umumnya akan menyarankan agar pasien kontrol ulang dalam tiga hari pengobatan untuk dipastikan apakah obat bekerja dengan baik atau tidak. Setelah itu baru ditentukan apakah pengobatan masih harus dilanjutkan dan berapa lama durasinya.

    Namun mengingat banyaknya penyakit dengan keluhan yang mirip satu dengan lainnya maka untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara detail. Pengobatan tergantung penyebab keluhan anda.

    Radang Panggul – Gejala, Penyebab, dan Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.
     

     

Beranda Tanya Dokter Mengapa Sering Sakit pada Rahim, Terkadang Disertai Flek?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.