• firman kuple

    dok saya mau tanya.. saya merasa sesak nafas dan kadang kesemutan.. dibagian pinggang juga kadang nyeri.. saya baru saja coba cek kolestrol 267.. dan seminggu yang lalu saya cek asam urat 4.. saya harus gimana ya  dok..?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang gangguan kolesterol. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Kolesterol atau lemak sebenarnya bukanlah sesuatu yang haram atau tidak diperbolehkan dalam tubuh. Kolesterol atau lemak tetap dibutuhkan oleh tubuh namun dalam jumlah tertentu. Jika berlebihan, kolesterol dapat menumpuk dalam darah yang menyebabkan terjadinya dislipidemia ataupun jika menumpuk dalam jaringan dapat menyebabkan obesitas.

    Kolesterol darah secara umum dibagi menjadi kolesterol jahat (seperti LDL, trigliserida) dan maupun kolesterol baik (HDL). Masing – masing kolesterol ini ada nilai normal yang harus dipenuhi. Nilai normal LDL dan trigliserida haruslah di bawah 140 mg/dl sedangkan untuk nilai normal HDL sebaiknya di atas 40 mg/dl. Untuk nilai kolesterol total harus di bawah 200 mg/dl.  Oleh karena itu harus dipastikan terlebih dahulu berakah nilai masing – masing komponen kolesterol anda.

    Jika kolesterol jahat dalam darah tinggi tidak serta merta perlu pemberian obat penurun kolesterol. Pasien dianjurkan untuk memperbaiki pola makannya terlebih dahulu dengan mengurangi makanan yang banyak mengandung lemak jahat seperti jeroan, minyak, durian, dan lainnya. Selain itu perlu juga diimbangi dengan meningkatkan aktivitas fisik salah satunya dengan jalan berolahraga sebanyak 30 – 45 menit sehari, sebanyak 3-4 kali seminggu.  Jika dengan pengaturan pola makan dan olahraga teratur kadar kolesterol darah masih tinggi, maka sebaiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter untuk mendapatkan penanganan terbaik.

    Keluhan sesak dan kesemutan sendiri bisa disebabkan oleh banyak hal mulai dari gangguan paru dan jantung, gangguan lambung, gangguan saraf dan sebagainya. Keluhan ini sebenarnya tidak ada hubungan langsung dengan kolesterol tinggi yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Kolesterol Tinggi (hiperkolesterolemia) : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sesak Nafas dan Kesemutan Akibat Kolestrol Tinggi

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.