• Dok, suara nafas saya ketika menghembuskan nafas seperti mengi, selain itu saya juga sesak nafas, dada saya seperti tertekan dan diremas. Sesak nafas berkurang ketika setengah duduk. Tangan seringkali kaku ketika sedang kedinginan.

    Sesak nafas muncul ketika olahraga, kelelahan dan kedinginan. Selain itu, saya juga punya riwayat asma sewaktu kecil. Seiring berjalannya waktu, gejala asma tidak muncul lagi. Namun saya mengalami sesak nafas lagi ketika kelas 9 ini. Apakah bahaya dok? Apakah ini gejala asma? Terima Kasih.

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Sesak napas bisa disebabkan oleh banyak hal, mulai dari gangguan pada jantung (misalnya karena gagal gantung, dll), gangguan pada ginjal (misal gagal ginjal), dan yang paling sering adalah karena adanya gangguan pada saluran napas. Sesak napas karena gangguan di saluran napas bisa terjadi karena infeksi misalnya bronkhitis, akibat asma bronkhial atau karena gangguan saluran napas lainnya.

    Salah satu penyebab tersering dari sesak napas adalah karena asma. Sebenarnya cukup mudah untuk mengidentifikasi asma. Asma ditandai oleh adanya bunyi “ngik” atau mengi pada saat pasien mengambil napas atau saat menghembuskan napas atau pada saat keduanya. Bunyi mengi ini bisa didengarkan langsung tanpa bantuan alat saat pasien bernapas biasa atau jika gejala minimal maka perlu dibantu dengan menggunakan stetoskop.

    Asma sendiri sebenarnya tak berbahaya namun penyakit ini kerap berulang jika ada faktor pencetusnya misalnya debu, udara dingin, bulu binatang hingga faktor stress dan juga kelelahan fisik. Ada baiknya untuk memastikan penyebab keluhan anda sebaiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter secara detail sehingga bisa diketahui penyebab pastinya dan mendapat terapi terbaik sesuai kondisi anda saat ini.

    Berbagai Penyebab Sesak Nafas

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sesak Nafas Mengi dan Seperti Tertekan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.