• Ria asripayani

    <p style=”text-align: left;”>Assalamualaikum Wr. Wb
    Dok, saya mau tanya dua tahun yg lalu kakak saya mengalami kecelekaan sepeda motor kakak saya berumur 22th. Dia mengalami patah tulang dibagian bahu kanan dok lalu dipasangkan pen. Setahun sudah berlalu tetapi tangan kakak saya belum bisa utk mengangkat. Sempat pernah berobat alternatif tp tdk ada perubahan. Sampai akhirnya kemarin dia kerumah sakit utk lepas pen krn sudah 1th. Akan tetapi dokter menyarankan operasi syaraf. Pertanyaan saya mengapa sampai sekarang tangannya masih belum bisa diangkat dok padahal sudah operasi syaraf. Terus masih ada harapan untuk sembuh tidak dok?
    Trimakasih dok.</p>
    Wassalamualaikum wr. Wb

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan patah tulang dan penyembuhannya. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Untuk mengetahui seberapa jauh kondisi kakak anda dan apakah perbaikan pasca patah tulang bisa kembali normal atau tidak sebenarnya ada beberapa hal yang harus diperhatikan dan dilakukan pemeriksaan mulai dari lokasi patahan, jenis patahan, gangguan pembuluh darah dan persarafan yang terjadi hingga tatalaksana awal yang telah dilakukan untuk mengatasi kondisi tersebut. Patah tulang didefinisikan sebagai terputusnya kontinuitas tulang dengan atau tanpa pergeseran segmen yang patah. Patah tulang dalam istilah kedokteran disebut juga dengan fraktur. Ada beberapa tipe fraktur dan dibagi menjadi beberapa klasifikasi yaitu antara lain berdasarkan garis patahannya (fraktur simple, fraktur kominutif dan sebagainya), berdasarkan jaringan di sekitarnya (terbagi menjadi fraktur terbuka dan fraktur tertutup), dan klasifikasi fraktur lainnya. Penyebab patah tulang sangat beraneka ragam, yang paling sering karena trauma atau benturan benda keras.

    Keluhan yang  kakak anda alami dimana tangan mengalami kesulitan gerak bisa disebabkan karena banyak hal mulai dari tulang tidak menyambung dengan sempurna, kerusakan saraf yang terjadi dan lain sebagainya. Perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter ortopedi dan dokter spesialis rehabilitasi medik untuk memastikan kondisi kesehatan tangan kakak anda. Ada baiknya anda memeriksakan kakak anda kedua dokter tersebut untuk mendapatkan penjelasan yang lebih pasti sesuai dengan kondisi kesehatan kakak anda.

    Berapa Lama Waktu Penyembuhan Setelah Patah Tulang

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Setelah Dipasangkan Pen Mengapa Tangan Masih Belum Bisa Diangkat

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.