• KHOTIMAH

    Dok saya mau bertanya,

    Kemaren saya melakukan aborsi nah itu saya kan sudah minum cytotec dan malamnya saya hanya diare sebentar habis itu saya tidak diare lagi

    Setelah penggunaan saya tidak mengalami kram perut dan pendarahan sedikitpun yang saya rasakan hanya badan lemas dan terpingin untuk tidur selalu

    itu bagaimana ya dok? mohon kejelasannya

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan abortus. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keguguran atau dalam istilah kedokteran disebut sebagai abortus merupakan pengeluaran hasil konsepsi atau pembuahan dari dalam rahim ibu hamil kurang dari 20 minggu kehamilan.

    Abortus bisa terjadi secara spontan atau buatan. Abortus buatan bisa karena indikasi terapi atau bisa juga terjadi karena kriminalis.

    Pada kasus anda dimana tindakan abortus dilakukan sendiri dan bukan atas indikasi medis misalnya janin tidak berkembang dan lain sebagainya maka termasuk dalam abortus kriminalis .

    Tindakan ini sangat dilarang dan jika dilakukan sendiri maka bisa menimbulkan efek samping baik bagi ibu maupun janin.

    Berdasarkan riwayat yang anda sampaikan dimana setelah minum obat peluruh kandungan namun tidak ada perdarahan dan lain sebagainya maka tindakan abortus gagal dilakukan dengan obat tersebut.

    Penyebabnya beraneka ragam misalnya karena janin yang memang melekat dengan baik pada rahim sehingga tidak semudah itu untuk dikeluarkan dengan obat.

    Sebaiknya tindakan percobaan abortus tanpa indikasi medis ini dihentikan karena jika gagal maka bisa menyebabkan janin menjadi cacat atau bisa juga menyebabkan infeksi pada ibu dan juga perdarahan hebat yang bisa berakhir pada kematian.

    Keluhan badan lemas, kram perut dan lainnya bisa karena adanya infeksi. Silakan periksakan langsung ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

    Penyebab Keguguran, Tanda-tanda, dan Pencegahan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Setelah Menggunakan Cytotec Tidak Pendarahan

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.