• khoir

    Selamat malam dokter. saya seorang wanita berusia 27 tahun dan belum menikah.semenjak awal haid(umur 12 tahun) sampai umur 18 tahun, saya mengalami siklus haid yang normal. tapi setelah umur 18 sampai sekarang siklus haid saya tidak lancar.

    Awal – awal saya periksa kan  ke dokter dan dokter mengatakan bahwa saya mengalami gangguan hormon, kemudian dokter memberikan obat lutenyl dengan dosis 10 tablet  1 x sehari.

    Bulan berikutnya haid tak kunjung normal.beberapa bulan kemudian saya periksa lagi ke dokter kandungan lain (disebabkan pindah domisili) dengan jawaban yang sama tapi dengan obat yang berbeda.

    Dokter memberikan 1 strip pil kb berbentuk bulat( saya lupa mereknya). Kembali saya mengkonsumsi luthenyl. tapi obat ini susah didapat karena apotik di daerah yang baru saya tinggal hampir tidak ada uang menyediakan luthenyl

    Tapi haid saya tak kunjung teratur.Sebab keuangan yang minus  ditambah kondisi orang tua yang sakit,saya tidak pernah konsultasi ke dokter lagi serta jarang membeli obat.

    Setelah searching di internet,saya temukan primolut juga termasuk obat penyeimbang progesteron. Ditambah obat ini banyak tersedia dan harganya lebih terjangkau

    Beberapa kali saya mengkonsumsinya dengan dosis dari apoteker sebanyak 10 butir 1x sehari..

     

    Bagaimana pendapat dan saran dokter mengenai masalah saya?

     

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan mens tidak teratur. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Siklus haid normal berlangsung tiap 28 hingga 35 hari. Jika anda mengalami keterlambatan dalam waktu kurang dari 1 minggu sebenarnya merupakan hal yang masih termasuk normal. Namun jika lebih dari itu maka kemungkinan ada penyebab lain.

    Secara umum penyebab keluhan mens tak teratur sangat beraneka ragam. Berikut beberapa kemungkinan penyebab keluhan tersebut yaitu antara lain:

    1. Stress bisa menyebabkan ketidakseimbangan hormonal sehingga menyebabkan perubahan siklus mens.
    2. Kelelahan fisik juga bisa menjadi salah satu penyebab.
    3. Berat badan yang sangat rendah, misal pada individu yang menjalani program diet ketat, vegetarian, penderita bulimia , anoreksia dsb
    4. Obesitas atau kegemukan juga bisa menyebabkan terjadinya keluhan telat mens
    5. Sindrom polikistik ovarium. Kista menyebabkan ketidakseimbangan hormonal
    6. KB hormonal terutama KB suntik 3 bulan. Pada beberapa wanita pengguna KB suntik 1 bulan juga bisa mengalami keluhan yang sama.
    7. Dan lain sebagainya

    Ada baiknya diobservasi terlebih dahulu dalam 2 hingga 3 bulan ini sambil menjaga pola hidup sehat. Jika keluhan berlanjut maka silakan berkonsultasi secara langsung ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang guna menegakkan diagnosis keluhan anda.

    Penanganan berbeda tergantung penyebab keluhan. Sebaiknya anda tidak menggunakan obat hormonal jangka panjang apalagi tanpa pengawasan dokter karena dapat memberikan efek samping yang merugikan diri anda sendiri.

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Siklus Haid yang Tidak Lancar

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.