• Selamat sore dok,  saya wanita belum menikah usia 23 tahun selama setahun siklus menstruasi saya tidak teratur kadang 1 bulan tidak menstruasi saya juga mengalami kenaikan berat badan yang sangat signifikan dok,,

    BAB juga tidak lancar,,,  apakah gejala tersebut termasuk PCOS (polycystic ovary syndrome?)  terapi apa yang dapat saya jalani

    Selamat Malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan PCOS. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Untuk keluhan yang anda alami yakni berupa mens yang tidak teratur dan susah BAB sebenarnya bisa disebabkan oleh banyak hal. Sehingga terlalu dini rasanya jika menyangkut pautkan kedua gejala itu pada sindrom polikistik ovarium atau PCOS.

    Gejala mens yang tak teratur bisa karena stress, kelelahan fisik, efek samping obat dan sebagainya. Begitu pula dengan keluhan susah BAB bisa karena kurang asupan cairan dan serat.

    Memang keluhan mens yang tak teratur bisa terjadi pada PCOS namun ada keluhan lain yang terjadi pada penyakit ini. Berikut adalah beberapa gejala PCOS yakni:

    • Periode menstruasi yang tidak teratur. Merupakan gejala tersering, biasanya interval mens jadi lebih lama dari biasanya, yaitu lebih dari 35 hari.
    • Ketidakseimbangan hormon seks dengan gejala berupa berhentinya ovulasi,  pertumbuhan rambut – rambut wajah dan tubuh yang dominan, jerawat atau acne yang tumbuh cukup banyak, hingga terjadinya kebotakan
    • Adanya beberapa kista ovarium (polikistik ovarium).
    • Gangguan pada hormon insulin.
    • Gangguan kesuburan.
    • Dan lain sebagainya

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda ada baiknya dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter terutama Sp.OG. Pengobatan tergantung penyebab keluhan anda.

    PCOS : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Siklus Menstruasi Tidak Lancar Apakah Ini Gejala PCOS

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.