• Saya mau nanya dok, jadi ketika libur sabtu minggu saya banyak menghabiskan untuk beristirahat di rumah, biasanya saya lama tidurnya, ketika saya tidur, saya pasti terbangun untuk buang air kecil. Pokoknya kalo saya tertidur pasti saya terbangun untuk buang air kecil, ntah itu mau pagi, siang atau malam.

    Kalo tidur malam maksimal kencing pernah saya itung masih normal dok maks 2 kali, tapi saya insomnia juga dok jadi kalo istirahat kadang diatas jam 2-3 pagi baru bisa tertidur, bangun jam 8 -9 pagi trus ngantor, kalo hari biasa senin sampe jumat fruekuensi kencing saya normal dok, karena dari pagi sampe sore saya bekerja dan pulang sering diatas jam 9 malam.

    Oia setiap kencing sya tidak merasakan sakit, dan kencingnya volume nya standar,(bukan sedikit2 mksdnya), kira kira knpa ya dok, oia saya juga kalo mengalami gangguan tidur (sleep apnea) , postur tidak gemuk banget, tidak kurus banget, perokok aktif. thks dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan sering kencing bisa disebabkan oleh beberapa hal, mulai dari sebab ringan atau karena penyakit tertentu. Jenis kelamin, usia, keluhan penyerta, kebiasaan yang biasa anda lakukan, dan informasi lainnya turut membantu mengidentifikasi kemungkinan penyebab. Sayangnya dalam forum ini anda  kurang menjelaskan secara lebih detail.  Berikut ini akan dijelaskan beberapa kemungkinan penyebab keluhan ini yaitu antara lain:

    1. Konsumsi air berlebihan terutama saat akan tidur. Jika kita banyak minum tentu saja akan menyebabkan sering kencing dan ini merupakan respon normal. Apalagi jika banyak minum dilakukan saat akan tidur malam hari.
    2. Suhu udara yang terlalu dingin, misal udara malam dan pagi hari, hujan, AC, dsb.
    3. Infeksi saluran kemih. Keluhan kencing berulang sering merupakan gejala infeksi saluran kemih (ISK). Namun biasanya disertai keluhan tidak puas sehabis kencing atau terasa anyang – anyangan, kadang juga disertai nyeri supra pubik ( bagian perut di atas kemaluan), demam, dan lain sebagainya.
    4. Pembesaran prostat merupakan penyebab sering kencing pada laki – laki. Pembesaran prostat bisa terjadi karena beberapa hal mulai daei usia, stress berat, efek samping obat – obatan, dan lain sebagainya.
    5. Konsumsi obat – obatan bersifat diuretik, misalnya hidroklorotiazid, furosemid dan lain sebagainya.
    6. Konsumsi minuman yang mengandung kafein, seperti kopi, minuman berkarbonasi, dsb.
    7. Konsumsi makanan yang banyak mengandung garam.
    8. Dan lain sebagainya.

    Penyebab Sering Buang Air Kecil dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sering Buang Air Kecil dan Terbangun Ketika Tidur

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.