• wulgi

    Halo dok, saya mau tanya. Jadi beberapa waktu lalu saya dapat kabar dari rumah bahwa ibu saya terkena stroke ringan. Katanya tangan kanan tidak bisa digerakkan. Nah saya sendiri kurang paham sebenarnya kondisinya seperti apa karena saya hanya diceritakan seperti itu. Apakah stroke ini bisa muncul lagi ? Lalu apa penyebab utama stroke ringan ini ? Tingkat bahayanya seperti apa ? Lalu untuk pencegahannya seperti apa ? Terimakasih dok.

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda tentang stroke. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Stroke merupakan kelumpuhan yang terjadi akibat gangguan saraf dan pembuluh darah. Penyebabnya biasanya karena aliran darah yang disuplai ke otak terganggu misalnya akibat tekanan darah terlalu tinggi (hipertensi), tekanan darah rendah (hipotensi), sumbatan pada pembuluh darah karena kadar lemak dalam darah tinggi, dan masih banyak lagi. Stroke terbagi menjadi dua yakni stroke hemoragik dimana terdapat pembuluh darah otak yang pecah maupun stroke iskemik (tanpa ada pembuluh darah yang pecah).

    Gejala stroke berupa kelumpuhan pada anggota gerak, bibir yang merot (asimetris), bicara pelo dan sebagainya. Gejala yang muncul tergantung gangguan saraf yang terlibat. Stroke bisa berulang jika penyebabnya tidak diatasi. Stroke bisa membawa pasien pada kematian. Ada baiknya anda memeriksakan ibu anda ke dokter untuk memastikan kondisi ibu anda dan menentukan penyebab utama stroke pada kasus ibu anda. Jika karena darah tinggi maka tekanan darah harus dikontrol dengan konsumsi obat penurun tekanan darah. Begitu pula jika ada penyebab lainnya. Jaga asupan makan ibu anda. Hindari makan makanan tinggi lemak dan sebagainya.

    Silakan periksakan langsung ke dokter untuk mendapat penjelasan lebih detail.

    Stroke : Gejala, Penyebab, Pengobatan, dll

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Stroke Ringan Akibat Darah Tinggi

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.