• Dear Dokter

     

    saya Ira, Ibu dari 1 anak laki-laki umur 20 bulan, berat badannya 11 kg, pada hari rabu anak saya diare, dan frekuensi ‘pup’-nya sering, bisa sampai 5 x lebih, berbentuk cair ke kuning, kadang ke cokelatan, pada hari kamis saya mencoba memberikan obat berupa Lacto B sebanyak 3 pcs / hari, tetapi feses nya masih tetap cair.

    Dan setiap dinihari anak saya terbangun hanya untuk ‘pup’ kira 2, 3 x saat dini hari. dan dari pagi (jam 06.00 WIB-21.00 WIB, pup nya sebanyak 5 x lebih) jadi sehari bisa 7-8 x kali pup, dan fases nya cair,

    dari dokter di berikan zinc sulfat yang harus di habiskan selama 10 hari, dan juga Kolin, tetapi sampai dengan senin, anak saya masih saja diare, dan setiap kali ingin pup, dia mengeluh sakit, padahal fses nya cair, tetapi proses pup nya mengejan. apakah itu normal Dok? mohon informasinya

     

    Terimakasih banyak

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan diare pada anak. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Diare atau buang air besar lebih dari 3 kali dalam sehari dengan konsistensi tinja berubah menjadi lebih cair merupakan salah satu keluhan yang sering muncul dan dialami oleh beberapa individu. Penyebabnya beraneka ragam kebanyakan terjadi karena infeksi baik karena virus, bakteri atau sebab lainnya.

    Keluhan diare yang muncul akibat infeksi merupakan salah satu gejala dari penyakit gastroenteritis. Gastroenteritis merupakan infeksi pada lambung dan usus. Gejala tambahan selain diare yang bisa muncul akibat penyakit ini antara lain: kram perut, mual dan muntah, perut kembung, demam, nafsu makan berkurang dan lain sebagainya

    Penanganan gastroenteritis yang paling utama adalah dengan terapi rehidrasi, yaitu mengembalikan cairan tubuh yang hilang lewat diare maupun muntah. Selain itu obat-obatan dapat diberikan untuk meringankan gejala seperti antibiotik jika penyebabnya karena bakteri, obat anti mual dan muntah, obat penurun demam dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anak anda yang tidak kunjung membaik ada baiknya dilakukan pemeriksaan ulang secara langsung oleh dokter. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan. Oleh karena itu silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    9 Penyebab Mencret Diare dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Sudah Hampir Satu Minggu Anak Saya Diare Tapi Tak Kunjung Sembuh

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.