• Ferlita

    Malam dok, saya mau tanya. Kemarin saya berada di rumah sakit untuk menemani saudara saya rawat inap dan saya tidak tahu jika orang yang satu ruangan dengan saya terkena difteri.

    Saya menggunakan toilet/ kamar mandi yang sama, saya takut tertular apalagi saya belum suntik difteri tapi pada hari itu juga saya langsung suntik Vaksin difteri.

    Jika sudah seperti ini kemungkinan tertular ada atau tidak dok, lalu apa yang harus saya lakukan untuk menghindari tertular? Terima kasih

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kemungkinan terkena difteri. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Difteri merupakan infeksi akibat bakteri Corynebacterium difteri.  Gejala yang muncul kebanyakan berhubungan dengan keluhan nyeri tenggorokan, demam dan timbulnya selaput di permukaan tonsil (amandel) dan atau nasofaring, suara parau, sesak nafas, hingga berujung pada kematian.

    Pada infeksi berat bisa menyebabkan gangguan pada beberapa organ dalam seperti jantung dan sistem saraf.

    Keadaan lingkungan yang padat penduduk, imunisasi yang tidak lengkap dan orang dengan sistem imun rendah memiliki risiko lebih tinggi mengalami difteri.

    Difteri dapat ditularkan melalui kontak udara dengan pasien yang terinfeksi.  Oleh karena itu untuk menghindari risiko penularan perlu alat pelindung diri yang lengkap bagi orang yang kontak dengan difteri mulai dari masker, apron dan lain sebagainya.

    Pertama – tama yang harus dipastikan apakah benar anda kontak dengan pasien terdiagnosis difteri. Karena jika benar orang tersebut mengalami difteri biasanya akan mendapatkan ruangan khusus dan terisolasi untuk mencegah penularan.

    Selanjutnya ada baiknya anda berkonsultasi langsung ke dokter untuk menjalani serangkaian pemeriksaan guna memastikan kemungkinan penularan. Vaksin difteri dapat diberikan untuk mencegah penularan pada orang yang belum mengalami infeksi.

    Difteri : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     


    Ferlita

    Terima kasih atas balasannya dok, disini saya merasa tenggorokan tidak nyaman tapi dr ciri2 diatas saya hanya merasa tenggorokan radang (tidak nyeri) tidak ada gejala lain dok sudah 5 hr. Apa itu hanya sakit tenggorokan biasa?

Beranda Tanya Dokter Sudah Suntik Vaksin Difteri, Masih Bisa Tertular Difteri?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.