• Dok saya seminggu mengalami demam dan pusing karena tipes, rutin minum obat yang disarankan dokter saya baikan dan tidak pusing lagi minggu berikutnya. Sebelumnya saya sembelit tapi belakangan menceret buat jadi dehidrasi.

    Apakah itu bertambah parah dan butuh penanganan. Dan pertanyaan lagi saya belakangan saya flu. Nah demam yang saya alami ini karena tipes atau flu dok?

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang gejala tipus. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Demam merupakan peningkatan suhu tubuh di atas 37,5 derajat celsius. Penyebab keluhan ini sangat banyak, sehingga perlu digali informasi mengenai karakteristik demam misalnya apakah demam tinggi mendadak ataukah naik perlahan, sejak kapan demam dirasakan, apakah demam terus menerus sepanjang waktu atau naik turun, adakah waktu tertentu yang menunjukkan suhu lebih tinggi misalnya pada sore dan malam hari serta gejala penyerta yang mengalami.

    Demam memang kerap disertai keluhan lain misalnya saja yang tersering adalah mual, muntah, badan linu, keluar keringat dingin, tidak nafsu makan dan lain sebagainya. Keluhan – keluhan ini sangat umum dan bisa dijumpai pada berbagai macam penyakit. Sehingga terlalu dini jika menyimpulkan keluhan yang anda alami adalah karena tipus abdominalis.

    Tipus abdominalis sendiri memiliki gejala klinis berupa demam yang berlangsung lebih dari 7 hari, mual, muntah, keluar keringat dingin, badan lemah, dan kadang disertai diare atau malah sembelit. Untuk memastikan diagnosis tipus perlu dilakukan pemeriksaan lanjutan berupa tes serologi anti Salmonella, hingga pemeriksaan kultur.

    Flu atau infeksi saluran napas juga bisa menyebabkan keluhan demam disertai pilek dan gejala lainnya. Selain itu masih banyak juga penyakit lain yang memiliki keluhan yang sama. Oleh karena itu belum bisa dipastikan apakah penyebab keluhan anda adalah benar karena tipus, flu atau sebab lain.

    Banyaknya kemungkinan penyebab membuat pentingnya pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik pemeriksaan fisik maupun penunjang. Silakan kunjungi dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Kenali Gejala Typus (Tifus) yang Mungkin Anda Derita

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Sudah Tidak Pusing Lagi, Tapi Semenjak Flu Jadi Sering Demam

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.