• Dok, saya ingin bertanya jika sumbatan pada pembuluh darah jantung mencapai 40-50%, apakah harus dipasang ring?

    Terimakasih.

    Selamat Sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan pemasangan ring. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan nyeri dada bisa disebabkan oleh banyak hal dan hal ini bisa dialami oleh beberapa individu. Keluhan nyeri ada yang terasa seperti ditusuk – tusuk, dada terasa tertekan atau seperti terhimpit benda berat, dan lain sebagainya.

    Lokasi nyeri juga bisa terjadi pada dada kanan atau kiri. Hal – hal ini penting digali untuk membantu menentukan kemungkinan penyebab.

    Salah satu penyebab keluhan nyeri dada adalah penyakit jantung koroner. Penyakit jantung koroner (PJK) salah satu penyebab tersering nyeri dada.

    Rasa nyeri terjadi pada dada sebelah kiri yang terasa seperti terhimpit benda berat atau terasa panas. Gejala ini menjalar ke lengan kiri, punggung, maupun ke rahang. Pasien juga bisa mengalami keringat dingin.

    Pada PJK terjadi sumbatan pada pembuluh darah koroner. Sumbatan bisa pada satu, dua atau lebih pembuluh darah. Sumbatan juga bisa terjadi pada pembuluh darah yang kecil atau pun yang lebih besar.

    Keadaan – keadaan ini turut mempengaruhi pilihan pengobatan. Jadi tidak hanya berdasarkan persentase sumbatannya saja. Oleh karena itu saya tidak bisa menyatakan apakah kondisi yang anda tanyakan harus atau tidak dilakukan pemasangan ring.

    Beberapa tindakan pengobatan yang dilakukan pada pasien PJK mulai dari pemberian obat – obatan, pemasangan ring hingga operasi bypass untuk mengganti pembuluh darah yang tersumbat.

    Untuk penjelasan lebih detail alangkah baiknya dikonsultasikan langsung dengan dokter yang menangani karena beliau yang lebih tahu berdasarkan hasil pemeriksaan yang dilakukan.

    Penyebab Jantung Koroner, Pengobatan, dan Pencegahan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu,

     

Beranda Tanya Dokter Sumbatan 40-50% pada Pembuluh Darah Jantung Harus Dipasang Ring

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.