• Jadi gini dok, waktu itu saya bab tapi keras. Saya paksa, akhirnya keluar juga tapi keluar darah. Saya pikir itu karena panas dalam. Tiga hari selanjutnya saya bab lagi tapi masih keras meskipun tidak keluar darah. Bab selanjutnya masih keras dan keluar kotorannya malah ada darahnya lagi, itu kenapa ya dok?

     

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan buang air besar disertai darah kerap kali dialami oleh beberapa individu dan penyebabnya kebanyakan karena hemorrhoid atau ambeien. Penyakit ini bisa menimbulkan keluhan BAB berdarah berwarna merah dengan atau tanpa nyeri yang biasanya diawali oleh keluhan sulit BAB. Pada tahap awal hemorrhoid hanya berupa keluhan BAB berdarah saja tanpa ada benjolan yang keluar dari anus. Semakin berlanjut maka akan ada keluhan keluarnya benjolan pada lubang anus yang bisa keluar masuk dengan spontan. Jika tidak ditangani dengan baik dan faktor risiko masih berlanjut maka benjolan tidak akan bisa kembali dengan spontan melainkan harus dibantu dengan tangan dan pada tahap akhir benjolan tidak bisa masuk kembali meskipun dibantu.

    Faktor risiko ambeien antara lain karena kebiasaan mengejan terlalu kuat saat BAB, tinja atau feses yang terlalu keras, kehamilan juga bisa menjadi salah satu faktor resiko, dan masih banyak lagi. Pada kasus yang anda alami kemungkinan penyebab hemorhoid adala karena feses yang keras dan mengejan yang terlalu kuat. Penyebab keadaan ini biasanya karena kurangnya asupan cairan dan serat. Oleh karena itu ada baiknya anda memperbaiki pola hidup anda sehari – hari. Jika keluhan berlanjut silakan periksakan langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Mengenal Penyakit Ambeien / Wasir / Hemoroid

    Mencermati Penyebab Sembelit untuk Pencegahan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Susah Buang Air Besar Disertai Darah?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.