• Herdian

    Salam kenal..

    Saya herdian, usia 23 tahun.

    Kemarin tambalan gigi saya lepas. Dokter menyarankan perawatan saluran akar karena lubang gigi sudah mencapai pulpa. Saya setuju.

    Lalu dokter melakukan penambalan permanen (laser) untuk bagian depan gigi karena alasan estetika dan penambalan sementara (warna pink) untuk bagian belakang gigi. Kata dokter nya untuk perawatan bisa saja melalui bagian belakang gigi.

    Setelah 1 hari, gigi saya terasa ngilu. Lalu apabila ditekan akan terasa sakit.. Begitu pula apabila ditekan di bibir. Saya mencoba meminum asam mefenamat dan tidak ada reaksi

    Pertanyaan saya: apakah ini normal dan bagian dari pengobatan saluran akar ? Atau abnormal sehingga saya harus mengunjungi dokter gigi sebelum jadwal perawatan?

    Terimakasih

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan nyeri gigi. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Gigi yang berlubang atau dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai karies dentis memiliki beberapa tahapan karies, mulai dari lubang hanya pada lapisan luar gigi hingga ikut sertanya jaringan saraf yang menyokong gigi.

    Keluhan gigi berlubang biasanya terjadi karena kebersihan rongga mulut yang tak terjaga misalnya menumpuknya plak pada gigi akibat tidak rutin menggosok gigi, dan lain sebagainya.

    Gigi yang berlubang juga memudahkan kuman masuk ke dalam bagian – bagian gigi dan gusi sehingga menimbulkan infeksi pada gusi.

    Penanganan gigi berlubang bisa dengan ditambal hingga dilakukan pencabutan. Pada gigi anda dokter lebih memilih melakukan penambalan dengan melakukan perawatan akar terlebih dahulu untuk mengatasi akar gigi yang mengalami kerusakan. Pada perawatan akar ini, pasien akan mengalami sakit pada giginya.

    Hal ini wajar terjadi. Untuk mengurangi rasa nyerinya biasanya dokter akan memberikan obat analgetik dan antiinflamasi untuk menghilangkan nyeri dan juga peradangan yang terjadi.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Perawatan Gigi Berlubang : Tambal atau Cabut?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tambalan Gigi Sementara Terasa Ngilu

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.