• Sore dok , saya Putri mau bertanya.

    Pada tanggal 8 Juni saya hamil anak pertama dan harus digugurkan. Ternyata pada saat cek kehamilan di usia kehamilan 10W 2H janin tidak berkembang dan bisa di bilang kehamilan kosong. Saya tidak dikuret karena diberi obat dari dokter. Tepat tanggal 8 Juni pukul 2 pagi jaringan keluar utuh di lanjut periksa ke dokter katanya rahim sdh bersih dilanjut di beri aspilet & asam folat . Saya mengalami nifas dari tgl 8 sampai tgl 25 Juni dok .

    Pada tanggal 8 Juli saya haid sedikit, dan saya agak ragu itu sudah masuk haid atau belum. Nah tanggal 8 Agustus saya malah tidak haid lagi, saya sempat pikir mungkin haid saya belum teratur. Tapi feeling dan perubahan emosional saya agak mengarah kepikiran bahwa saya hamil.

    Saya tunggu sampai 1 minggu dari tanggal 8 Agustus tapi tetap khawatir. Akhirnya tanggal 18 Agustus kemarin saya kembali ke dokter dan di USG Alhamdulillah kata dokternya sudah ada kantung kehamilannya. Karena dari hasil USG yang diprint tidak diterangkan GS berapa hanya ada tulisan 15.0/1.1/33HZ , saya tidak tahu kehamilan saya masuk berapa minggu.

    Saya di beri duphaston, aspilet dan asam folat. Disuruh cek kembali 1 bulan kemudian. Saya tidak tahu UK kehamilan saya, saya juga tidak terlalu merasa mual tapi sering migrain dan rasa kantuk yang kuat. Sedikit was-was dok karena kepikiran takut kehamilan kosong terjadi lagi.

    Saya selalu kepikiran janin saya berkembang atau tidak dok, padahal sudah diberi penguat janin. Bagaimana cara meyakinkan bahwa janin saya berkembang dengan baik dok? Apabil tidak mual, apakah janin bisa berkembang baik dok ? Terima kasih.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk mengetahui janin berkembang atau tidak terutama pada hamil muda, pemeriksaan USG adalah cara yang paling akurat. Dengan pemeriksaan ini bisa diukur dan dipantau perkembangan janin. Jika anda tidak yakin dengan hari pertama haid terakhir anda, seharusnya dengan pemeriksaan USG dapat ditentukan berapa usia kehamilan anda saat ini. Alangkah baiknya anda berkonsultasi dengan dokter yang melakukan pemeriksaan terhadap anda untuk mendapat penjelasan yang detail.

    Tanda – tanda kehamilan ini sendiri dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.  Tanda mungkin hamil tidak selalu terjadi pada wanita hamil, oleh karena itu jika anda tidak terlalu mual maka tak perlu terlalu khawatir karena tak semua ibu hamil mengalaminya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Beneran Hamil? Inilah Tanda- Tanda Kehamilan Mingggu Pertama

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengetahui Tanda Janin Berkembang Sehat?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.