• Dok, tangan teman saya bengkak sudah 3 minggu, sudah diberi obat dan diurut tetapi tidak juga sembuh. Bagaimana cara mengatasinya dok? Dan penyebab nya apa?

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluhan bengkak bisa disebabkan oleh banyak hal. Sayangnya dalam forum ini anda kurang menjelaskan secara detail mengenai karakteristik keluhan bengkak yang anda alami, lokasi pasti munculnya bengkak (apa di jari, sendi tangan, atau seperti apa), gejala penyertanya, faktor yang mencetuskan keluhan dan informasi lainnya yang terkit keluhan anda. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan bengkak pada tangan yakni:

    1. Gigitan binatang, misalnya serangga bisa menyebabkan keluhan bengkak disertai kemerahan, nyeri dan kadang terasa gatal.
    2. Selulitis atau Infeksi pada jaringan lunak kulit bisa menyebabkan keluhan bengkak, kemerahan pada kulit, dan lain sebagainya.
    3. Infeksi pada tulang dan persendian misalnya rhematoid artritis. Penyakit ini merupakan salah satu jenis penyakit autoimun.
    4. Adanya sumbatan pada pembuluh darah ataupun juga pembuluh limfe bisa menyebabkan keluhan bengkak pada ekstrimitas termasuk tangan.
    5. Gangguan otot misalnya akibat cedera bisa menyebabkan keluhan bengkak dan nyeri.
    6. Penyebab lainnya

    Perlu dicari tahu penyebabnya dengan melakukan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detai oleh dokter. Pengobatan yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Pergelangan Tangan Sakit? Ini Penyebab dan Terapinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tangan Bengkak, Apa Penyebab dan Cara Mengatasinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.