• Puji

    Halo dok,  saya mau tanya,  tangan ibu saya bengkak kanan kiri,  tidak bisa menggenggam,  sering kesemutan, dan sakit dok,..  Itu bagaimana ya gejala apa dan penyebabnya apa..

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan bengkak pada tangan dan sering kesemutan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyebab keluhan bengkak pada tangan sebenarnya bisa karena banyak hal. Bisa terkait gangguan pada jantung, ginjal, dan lain sebagainya.

    Sayangnya dalam forum ini anda tidak menjelaskan keluhan secara detail dan juga gejala yang menyertai. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan penyebab keluhan bengkak pada tangan yakni karena:

    • Rhematoid artritis. Penyakit imunologis ini bisa terjadi pada usia muda. Ditandai dengan keluhan nyeri dan ataupun bengkak pada beberapa sendi dan gejala lainnya. Bisa dibantu dengan melakukan pemeriksaan laboratorium misalnya berupa cek faktor rheuma untuk membantu menentukan diagnosis.
    • Artritis gout. Penyakit akibat peningkatan kadar asam urat dalam sendi ini bisa menimbulkan keluhan nyeri dan bengkak pada jari tangan hingga susah ditekuk. Bisa terjadi pada usia muda hingga tua. Perlu dilakukan pemeriksaan kadar asam urat dalam darah untuk membantu menentukan diagnosis artritis gout.
    • Neuritis atau peradangan pada saraf juga bisa menyebabkan keluhan bengkak dan kesemutan termasuk pada tangan
    • Dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan ibu anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang secara lebih detail. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Gout – Gejala Asam Urat

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tangan Bengkak dan Sakit

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.