• Assalamualaikum, nama saya Arif umur 24 tahun. Tangan kanan saya patah di clavicula dan tulang lengan bawah dua- duanya setahun lalu karena kecelakaan, sudah dipasang pen dan sejak sebulan lalu sudah di lepas pennya. Tapi dari kecelakaan sampai sekarang, tangan kanan saya belum bisa bergerak. Hasil penyambungan tulangnya sudah bagus, setahun ini juga rutin fisioterapi. Dan tadi baru saja cek elektroneuromyographi (enmg) hasilnya:

    resume pemeriksaan

    motor conduction study:

    n.medianus kanan : Normal

    n.ulnaris kanan: Normal

    n.radialis kanan : Tidak ada respons

    n.axillaris kanan: Tidak ada respons

    kesimpulan: Sesuai lesi n.axillaris kanan dan n.radialis kanan.

     

    Lalu tindakan apa yang harus dilakukan dok? Mengapa tangan saya tidak ada respons? Apakah putus atau bagaimana? Dari dokter yang merawat, dirujuk untuk operasi tendon transfer, tapi apakah ada kemungkinan sembuh tanpa operasi? Terimakasih sebelumnya dokter.

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Berdasarkan hasil pemeriksaan yang anda lakukan diketahui bahwa saraf aksilaris dan radialis yang mempersarafi area lengan anda mengalami kerusakan. Saraf ini memiliki peran sensorik dan motorik sehingga jika mengalami kerusakan maka gerakan dan sensasi pada lengan dan tangan anda akan terganggu. Tidak adanya respon saraf ini kemungkinan besar karena saraf mengalami kerusakan atau saraf putus. Namun untuk memastikan seberapa parah kerusakan memang harus dilakukan pemeriksaan secara langsung pada anda sehingga saya sendiri tidak bisa memberikan kesimpulan pada kondisi anda.

    Saraf-saraf perifer yang terluka atau putus sebenarnya bisa dilakukan tindakan penyambungan dan bila dilakukan dengan tepat dan suasana penyembuhannya kondusif maka pemulihan dapat terjadi. Namun hal ini juga dipengaruhi oleh seberapa parah kerusakan saraf yang terjadi, berapa lama jarak antara luka dan tindakan pengobatannya, ada tidaknya infeksi dan lain sebagainya.Waktu penyambungan saraf juga berbeda – beda tergantung lokasi saraf yang terkena, tingkat keparahannya dan lain sebagainya.

    Alangkah baiknya jika anda berkonsultasi langsung dengan dokter yang menangani anda karena tentu beliau yang lebih tahu kondisi anda sesuai dengan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Hemiparesis : Gejala, Penyebab, Pengobatan


    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Mengapa Tangan Kanan Setelah Operasi Tidak Bisa Bergerak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.