• hans tanjung

    selamat malam dok . Saya mau tanya nih . sudah 4 hari ini tanggan saya yang kiri kesemutan dan merasa tebal. tapi masih dapat merasakan rasa. gatal dan sakit. tapi kelima jari saya seperti tebal terutama pada jari kelingking.

    dari inpo saya baca. mata baik. lindah tdk ada perubahan, jalan tdk ada kelainan. kepala kadang2 sakit seperti biasa. kira2 apakah ini termasuk gejala stroke ringgan . atau cuma penyakit lain.

    Selamat Siang.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kesemutan pada jari tangan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan kesemutan sering sekali dialami oleh beberapa individu baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Keluhan ini bisa dirasakan pada tungkai, lengan, bokong dan lain sebagainya. Kesemutan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan parasthesia. Penyebabnya bisa karena berbagai macam hal misalnya:

    • Faktor pekerjaan yang banyak menggunakan tangan terutama bagian jari manis dan kelingking sebagai bagian terberat yang mendapat tekanan bisa menyebabkan neuritis perifer. Contohnya saja akibat mengetik, menggambar, mencuci dengan tangan, memasak dan lain sebagainya.
    • Diabetes melitus juga bisa menjadi faktor pencetus terjadinya neuritis. Neuritis bisa terjadi pada bagian mana saja, termasuk pada saraf tangan.
    • Penyakit infeksi seperti kusta juga bisa menyebabkan gangguan saraf.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan diagnosis keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Telapak Tangan dan Kelingking Kiri Kesemutan, Kenapa?

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Tangan Kesemutan dan Terasa Tebal, Apakah Gejala Stroke Ringan?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.