• Mirda Indah

    Halo dok, ibu saya berusia 43 th telapak tangannya kanan dan kiri sering kesemutan, jari jari terasa tebal padahal tidak bengkak, dan jika memegang ataupun mengangkat benda terlalu lama sudah tidak kuat. Kira-kira apa penyakitnya dok? Apa itu dapat menjadi kelumpuhan? Terimakasih

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kesemutan dalam istilah kedokteran disebut juga sebagai parasthesia. Gejala ini bisa dialami oleh hampir tiap individu di semua usia baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Keluhan ini bisa dirasakan pada tungkai, lengan, bokong dan lain sebagainya. Bagian tubuh tersering yang mengalami kesemutan adalah pada ekstrimitas (anggota gerak) baik tangan maupun kaki. Penyebab keluhan ini banyak macam mulai dari infeksi dan inflamasi pada persarafan, kekurangan vitamin dan mineral, pengaruh obat – obatan, gangguan persarafan karena faktor usia, hingga akibat faktor pekerjaan. Seseorang dengan pekerjaan yang banyak menggunakan tangan seperti mengetik, menggambar, mengulek, angkat beban berat, memasak dan lain sebagainya sering mengalami gangguan pada persarafan tangan sehingga menyebabkan keluhan kesemutan, baal dan gangguan saraf lainnya.

    Perlu dilakukan beberapa pemeriksaan untuk memastikan diagnosis keluhan yang anda rasakan baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Terapi yang diberikan tergantung dari penyebab keluhan anda. Jika karena kekurangan vitamin dan mineral maka perlu diberikan asupan vitamin dan mineral tambahan misalnya vitamin B6, B12 ataupun kalium dan zat nutrisi lainnya. Pembatasan aktivitas yang menggunakan tangan juga perlu dilakukan untuk mengurangi beban kerja dari anggota gerak yang bermasalah.

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.


    indah susanti

    dokter saya mau tyk..tangan saya kesemutan dan terasa tebal bahkan kl utk memegang sesuatu kadang tidak berasa…apa sy terkena kolestrol atau asam urat.trmksh dok

    Seperti yang saya jelaskan di atas bahwa penyebab tangan kesemutan sangat banyak. Untuk memastikan keterkaitan tingginya kadar kolesterol dan asam urat dalam darah perlu dilakukan pemeriksaan laboratorium.


    Lilis endra

    Halo dok saya setiap hari harus angkat beban dan bekerja sedikit berat kenapa ya setelah selesai bekerja tangan terasa sedikit kesemutan dan setiap bangun tidur terasa kaku sulit untuk di gerakan mohon solusinya dok

    Dear lilis,

    Seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya bahwa penyebab kesemutan sangat banyak sekali. Bisa karena cedera pada saraf, infeksi dan lain sebagainya. Perlu dipastikan terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

    Namun jika karena faktor pekerjaan sering mengangkat beban berat maka keluhan yang anda alami sering muncul atau bahkan bertambah berat maka kemungkinan besar hal ini yang menjadi pemicu nya.

    Untuk itu, hindarilah aktivitas mengangkat beban berat secara terus menerus. Karena hal ini bisa memperberat keluhan. Untuk terapi lainnya anda harus memeriksakan diri terlebih dahulu ke dokter guna memastikan kondisi anda dan menentukan pengobatan terbaik.

    Mohon maaf dalam forum ini kami tidak bisa memberikan nama obat sebagai dasar terapi bagi pasien karena perlunya pemeriksaan secara langsung.

Beranda Tanya Dokter Tangan Kesemutan dan Jari-jari Terasa Tebal

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.