• Assalamualaikum dok,

    Saya mau tanya, kemarin saya mengalami gigitan serangga dan tangan saya berdarah kecil. Kemudian tangan saya menjadi bengkak tetapi hanya kecil bengkaknya. Setelah itu tangan saya kompres dengan es batu selama 1 menit.

    Pada malam hari bengkak tangan saya makin menjadi (lebih besar) dan saat pagi tangan saya menjadi tambah bengkak. Tak hanya bengkak, jari saya pun mengalami pembengkakan dan apabila digerakkan, tangan saya terasa sakit.

    Bagaimana cara mengobatinya dok?

    Terimakasih dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Bengkak akibat gigitan serangga merupakan salah satu keluhan yang cukup sering kejadiannya. Saat serangga menggigit kulit, maka serangga akan mengeluarkan toksin yang biasanya terkandung dalam air liurnya ke dalam tubuh manusia sehingga akan merangsang respon imun tubuh untuk mengeluarkan mediator – mediator inflamasi (peradangan). Oleh karena itu tak heran pasca gigitan akan muncul reaksi pada tubuh mulai dari reaksi ringan hingga berat antara lain berupa rasa gatal, sensasi menyengat, bengkak pada bagian tubuh yang tersengat, hingga kesulitan bernapas bila terjadi reaksi berat. Reaksi – reaksi ini bisa muncul segera atau berupa reaksi lambat (tertunda).

    Pada kasus yang anda alami ada beberapa upaya yang bisa dilakukan antara lain dengan mencuci daerah gigitan serangga dengan sabun dan air. Kemudian melakukan kompres dingin untuk mengurangi rasa nyeri dan bengkak. Anda juga bisa meminum obat pereda nyeri, seperti paracetamol atau ibuprofen untuk mengurangi nyeri dan juga dapat memberikan krim/salep yang mengandung steroid untuk mengurangi peradangan dan gatal. Silakan periksakan diri ke dokter untuk memastikan diagnosis keluhan yang anda alami dengan dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang yang dibutuhkan sehingga anda bisa mendapat terapi terbaik sesuai kondisi anda saat ini.

    Cara Menangani Sengatan atau Gigitan Serangga

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengobati Tangan Bengkak?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.