• Orang Palembang

    Saya mengalami batuk kering, kira-kira hampir 2 minggu mengalaminya. Gejala yang saya alami, Batuk kering,hidung mampet sebelah padahal tidak pilek, terasa ada yang mengganjal di tenggorokan (mungkin efek Gerd yang baru saja membaik)

    Tapi saya baik-baik saja dalam menjalankan aktifitas, kira-kira saya sakit apa dok?..

     

     

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan batuk, hidung tersumbat dan adanya rasa mengganjal di tenggorokan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan batuk, hidung tersumbat hingga adanya rasa mengganjal di tenggorokan bisa terjadi karena banyak hal. Penyebab keluhan ini antara lain karena:

    • Iritasi pada saluran napas. Beberapa kondisi yang mencetuskan keadaan ini antara lain karena alergi, asap rokok, debu dll.
    • Infeksi pada saluran napas misalnya karena infeksi bakteri, virus atau mikroorganisme lainnya. Infeksi bisa terjadi pada hidung, tenggorokan, hingga amandel. Sehingga menyebabkan keluhan seperti yang anda alami.
    • Penyebab lainnya

    Karena kemungkinan penyebabnya sangat banyak maka perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung baik berupa pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang oleh dokter sehingga dapat ditentukan diagnosis pastinya serta mendapat terapi yang sesuai. Pengobatan tergantung dari penyebab keluhan anda.

    Namun alangkah baiknya jika anda juga melakukan perawatan di rumah berupa meperbanyak konsumsi air agar batuk berkurang dan tenggorokan menjadi lebih lega, menghindari debu atau asap rokok yang dapat mengiritasi saluran napas, dan menjaga kelembaban udara dalam ruangan.

    Batuk Kering : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Batuk Kering dan Hidung Mampet, Gejala Sakit Apa?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.