• Dok saya ingin bertanya, saudara saya batuk dan telah dilakukan pemeriksaan sekitar 2 hari lalu . Hari pertama telah melakukan rongent dan cek dahak. Hari kedua masih pengecekan dahak. Hasilnya untuk rongent memang paru-parunya positif tbc mdr, tetapi untuk hasil dari dahak negatif. Jadi saya masih bingung apakah saudara saya mengidap tbc apa tidak karena hasilnya tidak jelas. Mohon jawabannya . Terima kasih .

    Selamat Malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Untuk menegakkan diagnosis penyakit, seorang dokter tidak hanya melihat dari satu hasil pemeriksaan penunjang tertentu, begitu pula dalam menegakkan diagnosis TBC. Dalam penegakkan diagnosis TBC perlu dilakukan penggalian informasi mengenai gejala klinis, pemeriksaan fisik,  dan pemeriksaan penunjang baik dengan pemeriksaan bakteriologi sputum (dahak), pemeriksaan radiologi (rontgen thorak) dan pemeriksaan penunjang lainnya.

    Jika keluarga anda memiliki gejala TBC paru seperti batuk lama selama 3 minggu atau lebih, demam tanpa sebab jelas selama 3 minggu atau lebih, penurunan berat badan dan lainnya disertai hasil rontgen menunjukkan TBC aktif maka sudah bisa dimasukkan dalam diagnosis TBC meskipun hasil cek sputumnya negatif. Kasus pasien ini dimasukkan dalam kategori TBC paru BTA negatif rontgen positif  yang perlu mendapatkan pengobatan anti tuberkulosis yang intensif.

    Silakan periksakan keluarga anda ke dokter dan bagi keluarga yang kontak dengan penderita TBC paru aktif disarankan untuk melakukan skrining. Jika keluarga belum terinfeksi maka dapat diberikan obat profilaksis untuk mencegah penularan. Untuk mendapat penjelasan lebih detail maka silakan periksakan diri langsung ke dokter.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Ciri-Ciri Penyakit TBC (Tuberkulosis)

    Memahami Cara Penularan TBC dan Mencegahnya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Ciri-Ciri Sakit TBC?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.