• mubasir212

    Saya berusia 22 tahun, kenapa ya telapak kaki saya sering kesemutan tiada henti yang paling terasa saat mau tidur, dan yang paling sakit itu di tumit…

    Terimakasi dok

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan kesemutan dan nyeri pada telapak kaki. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Keluhan kesemutan sering sekali dialami oleh beberapa individu baik usia muda ataupun mengenai orang tua. Keluhan ini bisa dirasakan pada tungkai, lengan, bokong dan lain sebagainya. Kesemutan dalam istilah kedokteran disebut juga dengan parasthesia. Penyebab kesemutan dan nyeri pada tumit bisa karena berbagai macam hal misalnya:

    • Peradangan pada saraf (neuritis) yang terjadi pada daerah tumit. Biasanya dicetuskan karena faktor aktivitas yang banyak menggunakan telapak kaki seperti banyak berdiri dan jalan.
    • Diabetes melitus juga bisa menjadi faktor pencetus terjadinya gangguan saraf.
    • Penyakit infeksi seperti kusta juga bisa menyebabkan gangguan saraf termasuk saraf telapak kako.
    • Penyebab lainnya

    Untuk memastikan diagnosis keluhan anda maka perlu dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang sehingga ada baiknya anda melakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter agar bisa dilakukan pemeriksaan – pemeriksaan tersebut secara langsung dan detail sehingga dapat tegak diagnosis penyakit yang anda alami.

    Silakan baca artikel berikut:

    Penyebab Tumit Sakit dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telapak Kaki Antara Tumit Kesakitan

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.