• Permisi, saya mau tanya dok. Umur saya 20th. Saya belum mens selama 2 mingguan. Biasanya siklus mens saya akhir bulan menjelas bulan baru.

    Dan terkadang mens yang saya keluarkan berupa gumpalan” darah, kadang kalau cepat mens sampai warna hitam pekat.

    Bulan oktober sampai november saya telat 4 hari. Itupun mens terlalu banyak mengeluarkan darah seperti orang pendarahan. Tapi untuk bulan november ke desember saya belum mens.

    Tapi badan saya rasanya sakit semua terutama pinggul, dan punggung. seperti rasanya mau datang mens tapi belum datang mens juga.

    Saya sudah mencoba banyak minum air putih, minum obat supaya cepat datang mens, sampai minum jamu. Solusinya bagai mana dok. Kadang masih sempat minum vitamin.

    Memang dengan keadaan saya pola tidur kurang teratur (sering begadang karena tugas mhs arsitek) pola makan juga tidak teratur. Apa yang harus saya lakukan dok?

    Mohon balasan nya terimakasih.

    Selamat sore Silvi,

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi Dokter online gratis di mediskus.com

    Telat menstruasi dan darah haid yang keluar tidak lancar seringkali disebabkan oleh masalah kesehatan anda secara umum, seperti yang telah anda jelaskan sebelumnya bahwa pola tidur tidak teratur dan pola makan juga demikian.

    Saran saya, sebisa mungkin terapkanlah pola hidup yang sehat, Usahakanlah untuk makan secara teratur setidaknya tiga kali dalam sehari, kemudian tidur dalam waktu yang cukup yakni tujuh sampai delapan jam per malam, serta lakukanlah olahraga secara teratur misalnya seminggu dua kali selama 30 menit setiap olahraga. Pilih saja jenis olah raga yang anda sukai.

    Faktor lain yang juga mempengaruhi lancar tidaknya menstruasi pada perempuan adalah faktor psikis, di mana stress merupakan penyebab tersering untuk haid tidak lancar. Mengupayakan untuk lebih tenang dengan melakukan hal-hal yang positif akan sangat membantu.

    Jika anda sudah menerapkan pola hidup yang sehat namun keluhan menstruasi seperti ini masih saja dirasakan, kami sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter kandungan (Sp.OG)

    Demikianlah jawaban yang dapat kami sampaikan semoga membantu.

Beranda Tanya Dokter Telat Haid dan Tidak Lancar

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.