• Dok, saya mau tanya. saya ibu menyusui anak saya masih 15 bulan. Bulan ini kenapa saya tidak dapat mens yaa biasanya pling telat 3 hari dari bulan sebelumnya. apakah wajar atau saya hamil lagi? trima kasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Kehamilan atau tidaknya seseorang tidak bisa ditentukan hanya berdasarkan keluhan telat mens saja karena keterlambatan haid bisa disebabkan oleh banyak hal. Normalnya siklus haid yang dialami wanita rata – rata berlangsung antara 21 hingga 35 hari. Jika seorang wanita mengalami keterlambatan haid maka perlu digali informasi secara detail mengenai keluhan itu untuk membantu menemukan kemungkinan penyebabnya. Beberapa kemungkinan penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain karena stress yang berlebihan, faktor kelelahan fisik yang amat berat, karena kehamilan, efek samping penggunaan KB hormonal yang dilakukan, karena penyakit organ reproduksi seperti adanya kista di indung telur dan masih banyak lagi.

    Jika memang anda ingin mengetahui apakah sedang hamil atau tidak, bisa dilakukan pemeriksaan tes pack terlebih dahulu atau untuk hasil pastinya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung ke dokter sehingga dilakuan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang secara lebih detail misalnya dengan pemeriksaan USG. Tes pack sendiri sudah mulai bisa menunjukkan hasil yang mendekati sebenarnya jika dilakukan paling cepat 2 hari sebelum periode mens seharusnya atau 14 hari setelah terjadi pembuahan. Tes pack sudah bisa menunjukkan hasil positif jika kadar hormon HCG wanita lebih dari 20 m/IU.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telat Mens pada Ibu Menyusui, Apakah Hamil?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.