• Saya mau tanya dok, saya sudah telat menstruasi kurang lebih 15 hari apa itu wajar dok? Saya terakhir menstruasi tanggal 14 april. Kemudian tanggal 26 mei saya tes pack muncul 2 garis garis atas terang garis kedua samar. Apakah maksudnya?

    Di lain sisi saya juga mengalami perut kembung selama 1 minggu karena asam lambung saya tinggi. Apa ini termasuk yang mempengaruhi saya terlambat menstruasi?

    Mohon penjelasannya. Terima kasih dok.

    Selamat siang

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Jika anda mengalami keterlambatan haid disertai hasil tes pack menunjukkan dua garis maka kemungkinan besar anda sedang hamil. Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan)  baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi). Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut. Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa. Namun pemeriksaan dengan tes pack bisa menunjukkan hasil positif juga pada penyakit reproduksi seperti mola hidatidosa (hamil anggur).Oleh karena itu untuk memastikan kehamilan memang paling baik dengan melakukan pemeriksaan USG.

    Untuk perut kembung bisa terjadi karena peningkatan asam lambung. Selain itu bisa juga terkait dengan kehamilan yang sedang dijalani terutama pada kehamilan muda. Faktor hormonal bisa mempengaruhi dan menyebabkan keluhan ini.

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Apakah Asam Lambung Tinggi PenyebabTelat Menstruasi?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.