• Setya

    Selamat siang dok, saya mau tanya saya kalau mens itu enggak pernah teratur dok, mesti mundur, kemarin tanggal 17 desember saya menikah, pas saya nikah itu saya mens pertama kali, setelah 10 hari mens.

    Lalu  tanggal 17 januari ini kok saya belum mens ya dok, dan belum ada tanda tanda mau mens, apakah saya hamil dok?

    Waktu itu pernah saya mengeluarkan bercak-bercak kayak orang mens hari terakhir gitu, tapi cuma 2 hari. Dan seandainya kalau saya hamil, saya kok enggak merasa mual muntah kayak orang kebanyakan, cuma nafsu makan saya bertambah dan pengen banyak makan.

    Tolong penjelasanya dok, terimakasih

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telat mens dan tanda kehamilan. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penyebab keluhan telat haid sebenarnya sangat banyak, termasuk karena kehamilan. Untuk kehamilan sendiri ada beberapa tanda yang dapat muncul.

    Tanda – tanda kehamilan ini dibedakan menjadi tanda mungkin hamil dan tanda pasti hamil. Tanda mungkin hamil berupa menstruasi yang tidak kunjung datang, perut yang semakin membesar, keluhan mual dan muntah yang sering dikeluhkan terutama di usia – usia awal kehamilan, hingga pemeriksaan test pack yang menunjukkan hasil positif.

    Tanda mungkin hamil bisa terjadi ataupun tidak pada orang yang sedang hamil sehingga tidak bisa dijadikan patokan diagnosis seseorang sedang hamil atau tidak. Tanda pasti hamil bisa diketahui dengan pemeriksaan USG yang menunjukkan adanya kantung kehamilan di dalam rahim dan adanya detak jantung janin.

    Pemeriksaan dengan menggunakan tes pack (alat tes kehamilan) sendiri baru bisa menunjukkan hasil akurat jika dilakukan sekitar 2 hari sebelum waktu menstruasi selanjutnya atau 14 hari setelah anda berhubungan badan di masa subur ( waktu ovulasi).

    Tes pack mulai dapat mendeteksi kadar hormon human Chorionic Gonadotropin (hCG) pada kadar 20 mIU. Hasil tes kehamilan menunjukkan hasil positif jika terdapat dua garis yang nampak pada alat tes tersebut.

    Garis kedua yang muncul bisa tampak samar atau bisa juga terlihat jelas. Hal ini tergantung dari konsentrasi hormon hCG yang terkandung dalam urine yang diperiksa.

    Ada baiknya dilakukan observasi dalam beberapa minggu ini. Tes pack bisa dilakukan untuk mengetahui kemungkinan kehamilan. Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan periksakan langsung ke dokter.

    Membaca Hasil Tespek Positif, Negatif, Samar

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Gangguan Menstruasi Mundur dan Tidak Teratur, Apa Bisa Hamil ?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.