• Selamat malam dok, saya ingin bertanya. Saya telat menstruasi 2 hari dari jadwal haid. Tapi saat pertama kali  keluar flek, lalu hari kedua keluar gumpalan jika di remas tidak hancur. Tiga hari kemudian keluar darah segar banyak. tiga hari kemudian flek coklat keluar sedikit. Sebelum telat haid saya merasa mual, malas makan, pusing, perut buncit, payudara kencang.

    Apakah saya keguguran dok?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com

    Telat mens bisa disebabkan oleh banyak hal. Tidak bisa menentukan penyebab pasti keluhan ini hanya berdasarkan informasi telat haid saja. Sebagai info untuk anda banyak sekali kemungkinan penyebab keluhan telat menstruasi yaitu antara lain karena:

    1. faktor stress yang sangat tinggi atau faktor psikosomatis lainnya
    2. Efek KB hormonal misal KB suntik 3 bulan
    3. Kista ovarium
    4. Infeksi pada organ reproduksi
    5. Kehamilan
    6. Dan masih banyak penyebab lainnya

    Sebelum menentukan seseorang keguguran atau tidak yang perlu dicari tahu terlebih dahulu apakah orang tersebut sedang dalam kondisi hamil atau tidak. Namuj tidak bisa memastikan seseorang hamil hanya berdasarkan keluhan telat mens, payudara membengkak, perut membesar atau pun keluhan mual dan muntah. untuk memastikan kehamilan bisa dilakukan pemeriksaan USG untuk memastikan ada tidaknya kantung kehamilan dalam rahim ibu dan juga menentukan adanya detak jantung janin.

    Keguguran sendiri bisa terjadi dalam beberapa tahap mulai dari keguguran yang baru akan terjadi, keguguran yang baru berlangsung hingga seluruh jaringan hasil konsepsi telah keluar sepenuhnya dari dalam rahim. untuk memastikannya bisa dilakukan pemeriksaan dalam atau juga dengan menggunakan USG.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Keluar Flek dan Darah, Apakah Keguguran?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.