• Selamat malam dok.. Saya wulan usia 24 tahun. Dok saya ingin bertanya saya terakhir menstruasi bulan januari tgl 20 namun di bulan feb tidak ada tanda-tanda datang bulan sampai hari ini..

    Saya tes pack tapi negative hasilnya dok. Pertanyaan saya apa saya harus ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut atau tunggu sampai akhir bulan maret?

    Sebab sebelumnya memang saya suka telat menstruasi namun tidak selama ini.

    Saya tunggu untuk jawabannya

    Terima kasih banyak dok

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Telat haid menjadi salah satu keluhan yang paling sering dialami oleh wanita. Penyebab keluhan ini sebenarnya sangat banyak sekali, bisa karena hal normal atau karena penyakit tertentu yang lebih berat. Jika seorang wanita tidak haid selama lebih dari 3 bulan maka keadaan ini disebut sebagai amenore. Beberapa penyebab keluhan terlambat haid yaitu antara lain karena faktor psikosomatis atau stress yang berlebihan, berat badan yang abnormal baik terlalu gemuk (obesitas) atau karena terlalu kurus (underweight), asupan makanan yang kurang, karena penyakit organ reproduksi (misalnya kista di indung telur), karena kehamilan, efek samping obat – obatan yang dikonsumsi, karena penggunaan KB hormonal baik pil KB, KB suntik 1 bulan atau 3 bulan, dan lain sebagainya.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda silakan berkonsultasi secara langsung oleh dokter sehingga bisa dilakukan pemeriksaan fisik dan ataupun penunjang. Namun ini juga bukan hal urgen yang harus dilakukan saat ini juga, anda bisa mengobservasi haid selama beberapa minggu ini sambil memperbaiki pola makan anda dan istirahat anda. Tes pack bisa dilakukan ulang untuk mengkonfirmasi ulang hasilnya.

    Silakan baca artikel berikut ini:

    Penyebab Telat Menstruasi dan Cara Mengatasinya

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Apa Penyebab Telat Menstruasi Lebih dari Seminggu?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.