• Dok, pulang sekolah saya langsung membersihkan telinga menggunakan air. Memasukkan air ke dalam telinga.

    Lalu setelah itu, ketika saya berbaring sambil menggunakan earphone dengan volume agak kencang karena saya pakai telinga kanan saja, tiba tiba untuk pertama kalinya, telinga saya berbunyi aneh, seperti ‘cittt citt citt’ setelah itu ada suara seperti air merembes.

    Kemudian, saya coba untuk memiringkan kepala dan rasanya seperti ada yang mau keluar dari telinga. Tapi tidak ada apa-apa.

    Apa itu parah, dok?

    Apa karena faktor air atau faktor lain? Saya panik dan agak takut, dok.
    <p style=”text-align: left;”>Haruskah cek ke dokter atau membeli obat atau diamkan saja karena itu faktor air?</p>
    Terima kasih, dok.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telinga yang kemasukan air dan berbunyi. Saya dokter Dina akan berusaha menjawabnya.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana terdapat riwayat telinga yang dimasukkan oleh air maka kemungkinan bunyi pada telinga karena getaran dari bunyi yang anda dengar dari earphone dengan air yang berada dalam telinga.

    Getaran ini menimbulkan suara yang tidak lazim pada telinga anda. Wajar pula jika air yang terperangkap dalam telinga akan keluar dari telinga ketika kepala di miringkan.

    Sebaiknya posisikan kepala anda miring saat tidur sehingga air dapat keluar. Namun jika tidak bisa keluar juga maka sebaiknya anda periksakan ke dokter terutama sp.THT untuk membantu mengatasinya.

    Telinga yang kemasukan air dan dibiarkan terus menerus dapat menimbulkan terjadinya infeksi. Infeksi bisa terjadi karena bakteri, virus maupun jamur atau malah kombinasinya.

    Untuk mencegah keluhan berlanjut maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter terutama spesialis THT baik dengan pemeriksaan fisik dan atau pun pemeriksaan penunjang. Pengobatan yang diberikan tergantung penyebab keluhan.

    Berikut ini adalah artikel yang menjelaskan upaya untuk mengatasi telinga yang kemasukan air:

    14 Cara Mengatasi Telinga Kemasukan Air

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Telinga Berbunyi Aneh

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.