• ray65

    Dok, saya lagi iseng ngorekin telinga, saya kira yang keluar  kotoran. Ternyata darah. Tapi darah nya sedikit, dan tidak mengalir. Apakah bahaya dok? Apakah saya perlu ke dokter?

    Selamat sore.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telinga berdarah pasca dikorek. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana terdapat keluhan keluar darah dari telinga pasca dikorek hal ini terjadi karena telinga mengalami perlukaan. Luka bisa terjadi karena terlalu kuat ataupun dalamnya saat anda mengorek telinga.

    Kebiasaan mengorek- ngorek telinga, baik dengan cotton bud ataupun dengan jari tangan, dapat menyebabkan liang telinga iritasi dan luka hingga pada akhirnya kuman berkembang biak dan menimbulkan infeksi. Infeksi bisa terjadi pada telinga luar atau disebut otitis eksterna atau bisa juga terjadi pada bagian telinga yang lebih dalam.

    Penyebab Otitis Eksterna bisa terjadi karena infeksi baik oleh bakteri maupun jamur. Gejala yang terjadi pada infeksi telinga luar atau otitis eksterna antara lain berupa nyeri pada telinga, keluar cairan dari telinga, pendengaran bisa berkurang, keluhan gatal pada telinga.

    Dari pemeriksaan fisik dapat ditemukan adanya liang telinga yang berwarna kemerahan (eritema) dan bengkak (edema).

    Untuk saat ini yang paling baik adalah anda berhenti mengorek telinga. Jangan meneteskan telinga dengan obat apapun tanpa resep dokter. Jika telinga terasa sakit ada baiknya segera periksakan diri ke dokter Spesialis THT untuk memastikan penyebabnya.

    Silakan baca artikel berikut:

    Telinga Berdarah, Ada Apa Ini ?!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Telinga Berdarah Apa itu Berbahaya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.