• Assalamualaikum wr.wb Dok,

    Saya mau tanya, anak saya kemaren habis bermain cuttonbad. Kemudian tiba-tiba saja menangis kesakitan, dan setelah itu saya baru tahu semalem kalau telinganya mengeluarkan darah, tentunya saya sangat sebagai orang tua sangat panik dok.

    Lalu apakah bahaya dokter,? Dan Apa yang harus saya lakukan,??

    Terimakasih,

    Wassalamualaiku wr.wb

    Waalaikum salam ww wb. Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Keluar darah dari telinga  tentu menyebabkan kekhawatiran bagi siapa pun yang mengalaminya, apalagi jika ini terjadi pada buah hati anda. Normalnya tidak ada darah yang keluar dari telinga. Jika terjadi hal seperti ini maka ada beberapa kemungkinan penyebab, misalnya :

    1. Karena trauma telinga akibat terbentur benda keras misalnya akibat dikorek – korek terlalu sering atau terlalu dalam dengan menggunakan cotton buds. Hal ini bisa menyebabkan iritasi pada liang telinga hingga terlukanya bagian telinga yang lebih dalam.
    2. Infeksi pada telinga baik di telinga luar, tengah ataupun dalam. Infeksi bisa akibat bakteri, virus, jamur ataupun mikroorganisme lainnya. Infeksi pada telinga luar (otitis eksterna ) dan infeksi pada telinga tengah (otitis media) merupakan infeksi telinga yang paling sering terjadi. Keluhan yang dirasakan mulai dari nyeri telinga, keluar cairan dari telinga hingga keluarnya darah, penurunan pendengaran dan lain sebagainya.
    3. Penyebab lainnya

    Untuk memastikan penyebab keluhan yang dialami oleh anak anda maka perlu dilakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter terutama dokter spesialis THT. Perlu dicari tahu darimana sumber perdarahannya dan apakah perdarahan tersebut masih aktif atau tidak. Bahaya atau tidaknya tergantung kerusakan yang timbul. Oleh karena itu alangkah baiknya segera memeriksakan anak anda ke dokter untuk memastikan penyebabnya.

    Telinga Berdarah, Ada Apa Ini ?!

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Kenapa Telinga Berdarah Tiba-tiba?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.