• Halo, Dok.

    4 hari yang lalu, sewaktu saya bangun pagi tiba-tiba telinga sebelah kanan saya terasa budek dan berdengung, tapi telinga kiri saya sejauh ini normal-normal saja. Padahal saat sebelum tidur juga kedua telinga saya masih baik-baik saja, tidak ada rasa budek atau berdengung sedikitpun. 2 tahun yang lalu, saya pernah juga begini karena alasan penumpukan kotoran kata dokternya, saya pikir benar juga karena setelah berbelas-belas tahun, baru kali itu saat pertama kalinya telinga saya dibersihkan di dokter THT dan itupun biayanya sangat mahal untuk sekali pembersihan bahkan tanpa tambahan obat, belum lagi biaya konsultasinya, dan sebelumnya saya membersihkannya hanya cukup mengairi telinga saya dengan air disaat madi karena saya takut menggunakan Cotton Bud. Tapi masalahnya, kenapa selalu telinga sebelah kanan yang budek ya, Dok?

    Dan satu pertanyaan lagi, yang saya ingat saat dokter THT membersihkan kotoran telinga itu pasti dia menyemprotkan suatu cairan yang dapat langsung menghancurkan kotoran teresebut dengan cepat dan langsung dihisap dengan alat yang satunya. Pertanyaannya, bisakah saya (bahkan untuk penderita yang lain) dapat membuat sendiri cairan tersebut? Agar tidak harus selalu ke THT yang (maaf) sangat merogoh kocek yang lumayan untuk sekali pembersihan.

    Mohon bantuannya dan jawabannya, Dok.

    Terima Kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Pertama – tama harus dipastikan apa yang menjadi penyebab dari keluhan penurunan pendengaran dan juga telinga berdenging (tinitus) yang anda alami baru setelah itu kita bisa mengetahui pengobatan yang terbaik berdasarkan penyebab keluhan itu sendiri. Penyebab keluhan telinga berdenging dan penurunan pendengaran bisa terjadi karena hal – hal berikut ini:

    1. Faktor usia tua menyebabkan penurunan pendengaran dan tinitus
    2. Serumen atau kotoran yang menyumbat liang telinga
    3. Efek samping obat – obatan, misal antibiotik dan lain sebagainya
    4. Efek samping paparan bunyi yang sangat keras dalam durasi lama dan sering.
    5. Otoskeloris (kekakuan pada tulang telinga tengah)
    6. Penyebab lain

    Jika memang penyebabnya karena serumen maka perlu dilakukan tindakan pembersihan kotoran telinga tersebut. Serumen yang menumpuk pada salah satu bagian bisa terjadi karena beberapa hal mulai dari tingkat kelembaban telinga dan juga struktur anatomi telinga yang sedikit berbeda antara telinga kanan dan kiri, dan lain sebagainya.

    Untuk mengatasi serumen yang menyumbat memang harus dilakukan pembersihan dengan teknik spooling. Melakukan tindakan ini tidak boleh sembarangan karena sebelum melakukan tindakan ini harus dilakukan pemeriksaan telinga terlebih dahulu. Silakan anda konsultasi dengan dokter anda. Anda bisa mengunjungi puskesmas di daerah anda sehingga tidak membutuhkan biaya yang mahal.

    Telinga Sering Berdenging

    Cara Sehat Membersihkan Kotoran Telinga

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

Beranda Tanya Dokter Telinga Budek Sebelah, Bagaimana Solusinya?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.