• Afab

    Pagi dok, saya mau tanya.

    Kemarin pagi saat bangun tidur, saya mendapati bahwa telinga saya merasakan budek sebelah sama seperti saat kita sedang berada di suatu ketinggian..

    Dan biasanya saya menghilangkan masalah itu dengan cara menutup hidung sambil meniup dari hidung yang tertutup tadi itu biasanya langsung hilang

    Kemarin memang masih bisa di hilangkan dengan cara seperti itu.. tapi tidak lama sudah kembali lagi budek.. dan dengan cara seperti itu saya lakukan berulang ulang

     

    Sebelumnya kemarin malam saya tidur mendengarkan musik dengan menggunakan headset..Mohon penjelasannya dokter.

    Terima kasih.

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan penurunan pendengaran. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Penurunan pendengaran bisa terjadi karena beberapa hal antara lain:

    • Tuli konduktif maupun tuli sensorineural.
    • Infeksi telinga tengah atau otitis media. Gejala yang muncul akibat infeksi ini berupa rasa nyeri di telinga, keluar cairan dari telinga hingga penurunan pendengaran. Penyebab terjadinya otitis media bisa karena banyak hal, biasanya karena penjalaran dari infeksi saluran napas yang tidak diobati dengan baik. Selain itu daya tahan tubuh pasien yang menurun menyebabkan keluhan ini bisa terjadi dan sering berulang.
    • Perubahan tekanan yang tiba -tiba pada saluran telinga dan hidung misalnya akibat perubahan ketinggian, perubahan suhu udara yang tiba – tiba dan lain sebagainya.
    • Trauma telinga yang menyebabkan pecahnya gendang telinga.
    • Adanya serumen (kotoran telinga) yang menutup liang telinga.
    • Dan lain sebagainya

    Pada kasus anda kebiasaan mendengar musik dengan suara keras menggunakan headset bisa saja menjadi faktor pencetusnya. Mendengar musik terlalu keras dapat menyebabkan kerusakan di gendang telinga serta bagian telinga lainnya yang lebih dalam.

    Namun untuk memastikan penyebab keluhan anda perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter. Pengobatan berbeda tergantung penyebabnya.

    Oleh karena itu dalam forum ini saya tidak bisa memberikan penjelasan lebih detail terkait penanganannya karena harus dipastikan dulu kondisi klinis anda melalui pemeriksaan oleh dokter baik pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Silakan konsultasi langsung dengan dokter di daerah anda.

    Silakan baca artikel berikut:

    Gendang Telinga Pecah : Penyebab, Gejala, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Cara Mengatasi Telinga Budek Sebelah?

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.