• Dok, saya mau bertanya tentang keluhan telinga saya.

    Awalnya telinga kanan saya kemasukan sesuatu saat tidur. Saat hewan itu bergerak saya terbangun dan sangat panik. Saya coba mengeluarkan dengan air awalnya. Dan saya balikan telinga kanan saya ke arah bawah sambil saya bawa tidur lagi berharap hewannya keluar. Dan saya coba masukkan lagi dengan baby oil. Tapi gak tau sampe sekarang hewan apa dan apa udah keluar apa belum.

    Setelah beberapa hari kok telinga saya berair dan gatal dok. Apa karena keseringan saya korek dan garuk pake tangan atau cotton Bud ya dok karena gatal tadi. Saya memutuskan untuk ke rumah sakit. Dan di sana saya di fisioterapi sampai 5x saya tidak merasa perubahan apapun setelah itu. Karena keterbatasan waktu saya kerja. Jadi saya tidak check up lagi kesana.

    Sekarang saya merasa kuping saya gatal dan sedikit berair dan terkadang suka nyeri berdenyut. Kadang saat saya merasa berair saya bersihkan dengan cotton bud pelan pelan. Saat saya bersihkan terasa dinding di kanan dan kiri dalam telinga saya sakit dok.

    Sekiranya obat apa yang harus saya beli di apotik dan apa yang harus saya lakukan saat kuping saya gatal dan mulai berair?

    Selamat malam.

    Terima kasih telah menggunakan layanan konsultasi dokter online gratis di mediskus.com.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana terdapat keluhan keluar cairan dari telinga, nyeri dan adanya riwayat telinga dikorek – korek maka saya menduga anda mengalami infeksi pada telinga luar atau dalam bahasa kedokteran disebut otitis eksterna. Kebiasaan mengorek- ngorek telinga, baik dengan cotton bud ataupun dengan jari tangan, dapat menyebabkan liang telinga iritasi dan luka hingga pada akhirnya kuman berkembang biak dan menimbulkan infeksi.

    Penyebab Otitis Eksterna bisa terjadi karena infeksi baik oleh bakteri maupun jamur. Gejala yang terjadi pada infeksi telinga luar atau otitis eksterna antara lain berupa nyeri pada telinga, keluar cairan dari telinga, pendengaran bisa berkurang, keluhan gatal pada telinga. Dari pemeriksaan fisik dapat ditemukan adanya liang telinga yang berwarna kemerahan (eritema) dan bengkak (edema).

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah benar mengalami otitis eksterna atau sebab lainnya maka harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter terutama spesialis THT ubaik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang. Pengobatan yang diberikan pada infeksi telinga luar atau otitis eksterna antara lain antibiotik baik obat minum maupun berupa tetes telinga jika penyebabnya kerena infeksi bakteri. Namun jika karena jamur maka dapat diberikan antijamur. Bisa juga diberikan obat simptomatik lainnya untuk mengurangi gejala, seperti paracetamol untuk penghilang nyeri dan obat lainnya.
    Silakan baca artikel berikut:

    Infeksi Telinga : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Bagaimana Mengatasi Telinga Gatal dan Berair?

Anda harus login terlebih dahulu untuk bisa bertanya atau menjawab.