• Rika Puspita

    Assalamu’alaikum dok..

    Sekitar seminggu yang lalu saya melakukan kegiatan sekolah yaitu studytour selama 5 hari menggunakan bus. Nah sampai rumah telinga saya masih biasa saja, cuma kepala saya sedikit pusing efek didalam bus.

    Sampai besoknya, telinga kanan saya cenut-cenut. Lalu saya beri obat tetes. Besoknya lagi, telinga kanan saya malah mampet. Biasanya kan buat menguap atau menelan ludah itu bisa plong, nah ini tetap saja mampet.

    Bahkan pendengaran saya juga berkurang, bahkan detak jantung saya juga terkadang terdengar di telinga kanan saya. Sampai 2 hari kemudian saya bawa ke tht, dokternya tak bilang apa-apa ataupun ada hal yang serius.

    Hanya saja telinga saya dibersihkan, lalu dikasih obat minum. Memang waktu itu telinga saya sedikit plong, tidak terlalu mampet lagi. Sampai keesokan harinya, saya ada kerja kelompok di rumah teman saya.

    Tiba-tiba teman saya karaokean, saya tidak tahu jika ini akan berdampak buruk bagi telinga kanan saya yang saya anggap sudah sembuh. Lalu telinga saya cenut-cenut lagi, sakit sekali.

    Sampai baru 3 hari ini, telinga saya awalnya gatal, lalu tak sengaja saya korek sama tangan. Eh keluar air, sedikit lengket, bening. Nah besoknya, telinga saya kaya perih gitu dan tetep mengeluarkan air tadi.

    Saya suruh ibu saya nyolokin pake senter, katanya ada putih-putih gitu di dalam. Kaya nanah dan luka gitu. Tapi dibagian agak luar telinga si, enggak dalam-dalam amat. Dan mampetnya tadi masih ada.

    Jadi saya semakin tersiksa karena mampet, cenut-cenut, dan keluar air tadi. Saya bawa ke tht lagi tapi tutup. Saya harus bagaimana dok? Penanganan yang tepat bagaimana?

    Terimakasih dok, maaf ya jika terlalu panjang..

    Wassalamu’alaikum

    Selamat pagi.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan penurunan pendengaran dan keluar cairan dari telinga. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Berdasarkan keluhan yang anda sampaikan dimana terdapat keluhan keluar cairan dari telinga, berbau dan adanya riwayat telinga dikorek – korek maka saya menduga anda mengalami infeksi pada telinga luar atau dalam bahasa kedokteran disebut otitis eksterna.

    Kebiasaan mengorek- ngorek telinga, baik dengan cotton bud ataupun dengan jari tangan, dapat menyebabkan liang telinga iritasi dan luka hingga pada akhirnya kuman berkembang biak dan menimbulkan infeksi.

    Penyebab Otitis Eksterna bisa terjadi karena infeksi baik oleh bakteri maupun jamur. Gejala yang terjadi pada infeksi telinga luar atau otitis eksterna antara lain berupa nyeri pada telinga, keluar cairan dari telinga, pendengaran bisa berkurang, keluhan gatal pada telinga.

    Dari pemeriksaan fisik dapat ditemukan adanya liang telinga yang berwarna kemerahan (eritema) dan bengkak (edema).

    Namun otitis media ataupun disebut juga dengan infeksi telinga tengah juga bisa memberikan keluhan yang sama dengan otitis eksterna.

    Namun saat dilakukan pemeriksaan fisik akan tampak bahwa bagian telinga tengah bermasalah mulai dari gendang telinga kemerahan, membengkak bahkan hingga pecah.

    Untuk memastikan penyebab keluhan anda apakah benar mengalami otitis eksterna atau sebab lainnya maka harus dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter terutama spesialis THT baik dengan pemeriksaan fisik dan ataupun pemeriksaan penunjang.

    Pengobatan yang diberikan pada infeksi telinga antara lain antibiotik baik obat minum maupun berupa tetes telinga jika penyebabnya kerena infeksi bakteri.

    Namun jika karena jamur maka dapat diberikan antijamur. Bisa juga diberikan obat simptomatik lainnya untuk mengurangi gejala, seperti paracetamol untuk penghilang nyeri dan obat lainnya.

    Silakan baca artikel berikut:

    Infeksi Telinga : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     


    Rika Puspita

    Merk Obat tetes yang tepat digunakan apa ya dok?

    Lalu, apakah hal ini dapat membuat saya kehilangan pendengaran saya?

    Dear rika,

    Mohon maaf dalam forum ini saya tidak bisa meresepkan obat/nama obat sebagai dasar pengobatan seseorang. Seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya perlu dilakukan pemeriksaan secara langsung oleh dokter baik dengan pemeriksaan fisik maupun pemeriksaan penunjang untuk memastikan penyebabnya.

    Pengobatan bisa berbeda tergantung penyebab. Oleh karena itu silakan periksakan langsung ke dokter di daerah anda.


    Rika Puspita

    Terimakasih dok

Beranda Tanya Dokter Telinga Mampet, Lalu Keluar Cairan Bening dan Sedikit Lengket

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.