• Malaaa

    Selamat sore dokter saya mau tanya berawal dari telinga saya yang terasa penuh saya kira saya kemasukan binatang ternyata setelah ke THT telinga saya hanya memerah. Kemudian saya di beri obat tetes telinga.

    Tapi setelah menggunakan  obat tetes telinga, telinga saya terasa penuh seperti kemasukan air setelah berenang. Bagaimana ya dok apa saya teteskan lagi obat nya untuk menggeluarkan air nya. Atau saya teteskan menggunakan air biasa ya dok. Terimakasih dok

    Selamat malam.

    Terima kasih atas pertanyaan anda di mediskus.com tentang keluhan telinga penuh. Saya dr Dina akan berusaha menjawabnya.

    Telinga merah bisa terjadi pada liang telinga hingga saluran telinga lebih dalam. Pada kasus ini berarti anda mengalami infeksi baik infeksi telinga luar (otitis eksterna) maupun infeksi telinga tengah (otitis media). Penyebab Otitis bisa terjadi karena infeksi baik oleh bakteri maupun jamur.

    Gejala yang terjadi pada infeksi telinga atau otitis baik eksterna maupun interna hampir mirip antara lain berupa nyeri pada telinga, telinga terasa penuh, keluar cairan dari telinga, pendengaran bisa berkurang, keluhan gatal pada telinga.

    Dari pemeriksaan fisik dapat ditemukan adanya liang telinga yang berwarna kemerahan (eritema) dan bengkak (edema) pada otitis eksterna dan adanya pembengkakan hingga pecahnya gendang telinga pada otitis media.

    Pada kasus yang anda alami dimana telinga terasa penuh bisa saja terjadi karena keluhan dari infeksi itu sendiri meskipun bisa juga karena cairan obat yang menumpuk.

    Saran saya teruskan pengobatan seperti anjuran dokter dan jangan memasukkan cairan lain selain obat yang diberikan ke dalam telinga karena dapat memperberat penyakit. Jika dalam 3 hari tidak membaik sebaiknya diperiksakan ulang ke dokter spesialis THT

    Silakan baca artikel berikut:

    Infeksi Telinga : Gejala, Penyebab, Pengobatan

    Sekian jawaban dari saya, semoga dapat membantu.

     

Beranda Tanya Dokter Telinga Terasa Penuh dan Berdengung

Forum ‘Tanya Dokter’ tertutup dari topik dan balasan baru.